Bupati Karna Sobahi Sebut Pidato Mendikbud RI Inovatif dan Bermakna

oleh -60 views
Bupati Karna Sobahi Sebut Pidato Mendikbud RI Inovatif dan Bermakna.

MAJALENGKA, HR – Menyikapi isi pesan sambutan Mendikbud dalam peringatan Hari Guru, Bupati Majalengka, DR. H. Karna Sobahi menilai hal tersebut sangatlah inovatif dan bermakna dalam penyampaiannya.

“Saya baca semalaman, ini pidato yang menurut saya inovatif. Memberikan sentuhan langsung kepada hold to actions. Bagaimana guru harus bergerak di kelas,” kata Bupati Karna Sobahi didampingi Wabub Tarsono D Mardiana dan Kadisdik Majalengka, Ahmad Suswanto seusai melaksanakan upacara peringatan Hari Guru di GGM Majalengka, Senin (25/11/2019).

Menurutnya, pesan dan isi pidato Mendikbud tidak hanya bercerita dan berwacana, tetapi mampu menghadirkan gambaran output positif dalam membangun dunia pendidikan saat ini.

“Oleh karena itu, pidato-pidato model begini yang sebetulnya dibutuhkan. Tidak hanya panjang-panjang dan sekedar berwacana” ucapnya.

Menanggapi tentang isi poin kemerdekaan belajar, Karna Sobahi mengungkapkan guru akan diberikan kebebasan untuk men-direct bagaimana pembelajaran dibangun.

“Makanya tadi kan diungkapkan bahwa murid agar diberikan kesempatan untuk mengajar di kelas, bukan hanya guru. Sekarang kan yang terjadi hanya guru terus seolah cuman duduk, dengar, catat, hafal,” tuturnya.

Senada dengan ungkapan Mendikbud, Karna Sobahi memandang dengan dibangunnya interaktif dalam situasi belajar mengajar antara guru-murid disertai konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata akan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan.

Loading...

Dalam konteks ini siswa jadi mengerti apa makna belajar dan manfaatnya, sehingga akan menyadari bahwa apa yang mereka pelajari berguna di kehidupannya kelak, ungkapnya. leni s

Tinggalkan Balasan