Bupati Buka Musrenbang RKPD 2020 Kabupaten Majalengka

Bupati Majalengka buka Musrenbang.

MAJALENGKA, HR – Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020 Tingkat Kabupaten Majalengka adalah forum forum musyawarah pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah langkah prioritas pembangunan di Kab. Majalengka di gelar di Gedung Islamic Center Kamis (21/3).

Hadir dalam kegiatan Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi M MPd, Wakil Bupati Tarsono D Mardiana, Ketua DPRD Kab. Majalengka Drs H Edy Annas Djunaedi MM, Perwakilan Bappenas RI/Narasumber Istasius Angger Anindito SE MA, Kepala Bappeda Prov. Jawa Barat Ir H Muhamad Taufik Budi Santoso, Sekda Drs H Ahmad Sodikin, MM Forkopinda serta undangan lainnya.

Kepala Balitbangda Majalengka Drs H Yayan Soemantri M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan Musrenbang Mengusung Tema, “Mengurangi Ketimpangan Pembangunan antar Wilayah, Antar Sektor melalui Infrastuktur dan pengembangan potensi Unggulan.”
Kegiatan akan berlangsung selama satu hari yang diikuti 300 orang dari OPD, Kecamatan dan Desa dengan pemateri dari Bapenas dan Bapeda Provinsi.

Sambutan Gubernur Jawa Barat yang di bacakan oleh Bappeda Prov jawa barat Ir H Muhamad Taufik Budi Santoso menjelaskan, bahwa Musrenbang ini merupakan tahapan Pengkajian dalam menentukan program- program pembangunan dari tingkat Desa, kecamatan, Kabupaten Serta Provinsi yang akan dilaksanakan pada Tahun 2020.

Forum musrenbang diharapkan mencapai kesepakatan bersama dalam mewujudkan program pembangunan kedepan yang akan di jalankan supaya sesuai dengan sasaran dan tujuan serta aturan yang berlaku.

Pemerintah Jawa Barat sudah siap untuk menampung setiap aspirasi Masyarakat dalam menuju Masyarakat yang sejahtera, dan pembangunan yang maju. “Karena Aspirasi Masyarakat melalui Pemerintah daerah bisa menjadi salah satu bentuk untuk membangun daerah supaya bisa lebih baik lagi,” jelas Muhamad Taufik.

Sementara, Bupati Karna Sobahi dalam sambutanya mengatakan, pelaksanana Musrenbang ini yang pertama setelah kami dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Majalengka dengan tujuan ingin dan berusaha untuk memberikan Pelayan yang semaksimal mungkin untuk Masyarakat Kabupaten Majalengka.

“Dalam tahapan Musrenbang ini kami meminta kepada seluruh instansi untuk pengajuan program kedepan serta memberikan masukan dan saran untuk memajukan kabupaten Majalengka yang Raharja,” jelas Bupati.

Kita ingin membuat strategi yang baru untuk Pembangunan 2020 ini, sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh Masyarakat Kabupaten Majalengka. Intergritas ASN sedang kami bangun demi menumbuhkankan inovasi untuk kemajuan Majalengka.

Angka kemiskinan di kabupaten Majalengka sedang kita prioritaskan karena faktor ini sangat signifikan untuk meningkatkan IPM di Kabupaten Majalengka. Prioritas pembangunan tahun 2020 untuk Kabupaten Majalengka dalam Perwujudan Visi melalui 5 misi yaitu :
a. Misi 1.Memantapakan kehidupan beragama yang di dukung dengan pemenuhan sarana dan prasarana ke agamaan serta memberdayakan tokoh tokoh agama.
b. Misi 2.Meneguhkan nilai nilai kebangsaan untuk menciptakan pembangunan yang berkeadailan, rasa aman, tentram dan tertib dimasyarakat.
c. Misi 3.Membangun sinergi dan hubungan yang harmonis dengan seluruh mitra kerja dan pemangku kebijakan baik dengan unsur legislatif,pemerintah desa,pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.
d. Misi 4.Meningkatkan kualitas pelayanan publik terutama di sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pertanian, pariwisata, perizinan penanaman modal dan sektor unggulan.
e. Misi 5.Membangun desa menuju pada kemandirian denagn berbasis potensi kokal untuk mewujudkan peningkatan daya belibdan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.

Adapun prioritas pembangunan Kab Majalengka pada rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun 2020 Sbb:
1. Peningkatan nilai nilai agama dalam prilaku kehidupan masyarakat.
2. Penanggulangan kemiskinan.
3. Pengurangan kesenjangan, Pembangunan antar wilayah dan antar sektor.
4. Peningkatan Kualitas pelayanan publik di sektor pendidikan, kesehatan, dan reformasi birokrasi.
5. Pengembangan sektor unggulan pariwisata,pertanian dan Industri
6. Mewujudkan kemandirian Desa ada rencana kerja pembangunan Daerah RKPD tahun 2020.

Loading...

“Kita juga terus menggali dana, selain dari pemerintah juga investor yang telah menanamkan modal usahanya di Majalengka. Makanya kita memanfaatkan perusahaan tersebut untuk CSR nya bagi peningkatan sektor pembangunan di Majalengka, ” jelas Bupati. lintong situmorang

Tinggalkan Balasan