Bhabinkamtibmas Peduli Kesehatan

oleh -715 views
Anggota sedang perbaiki MCK.

KAPUAS HULU, HR – Harta terbesar adalah kesehatan mungkin inilah peribahasa yang dipedomani oleh Polsek Putussibau Selatan melalui Bhabinkamtibmas, Brigadir Susanto, (28/1/2018).

Dengan program terobosan kreatifnya “Jamban Sehat”, Brigadir Susanto mendatangi salah satu rumah warga binaannya, Agustinus Susanto, di Desa Malapi. Brigadir Susanto melihat warganya tersebut tidak memiliki tempat MCK (Mandi, Cuci, Kakus) yang memadai, sehingga membuat Susanto berpikir untuk membuat jamban sehat untuk warganya tersebut.

Brigadir Susanto melakukan koordinasi dengan aparatur Desa Malapi, dan aparatur desa menyambut baik niat tersebut, dan akan membantu untuk melakukan gotong-royong pembangunan jamban sehat tersebut.

Kades Melapi, Sekudus Luat Maring, menuturkan, bahwa beberapa waktu lalu warganya telah mendapatkan bantuan berupa kloset dan paralon, namun untuk material/bahan lainnya diserahkan kepada warganya masing-masing untuk membeli, namun karena keterbatasan ekonomi sehingga membuat keluarga Agustinus tidak mampu untuk membangun jamban/wc.

Kemudian Susanto melaporkan permasalahan tersebut kepada Kapolsek Putussibau Selatan Ipda Cahya Purnawan, dan Kapolsek langsung memerintahkan anggota untuk bersama-sama berupaya membantu keluarga tersebut untuk membuat jamban sehat.

Kemudian Polsek Putussibau Selatan membantu dengan menyiapkan bahan berupa semen, seng, paku dan kayu yang dipergunakan untuk membuat jamban sehat tersebut.

“Alhamdulillah jamban sehat yang kita bangun bisa selesai pengerjaannya pada hari ini (Minggu, red). Pengerjaannya sendiri memakan waktu selama 2 hari. Semoga jamban sehat tersebut dapat dipergunakan sebaiknya dan dapat membantu keluarga Agustinus dan ini semua bisa terwujud berkat kerja sama kita Polsek Putussibau Selatan dengan aparatur desa serta warga masyarakat Desa Malapi,” ujar Brigadir Susanto.

Saat ditemui di tempat terpisah, Kapolsek Putussibau Selatan, mengatakan, kedepan pihaknya akan tingkatkan lagi kualitas dan kinerja anggota Bhabinkamtibmas yang merupakan ujung tombak kepolisian, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat dan mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada di desa binaannya.

Cahya juga menambahkan, hal ini sesuai dengan Program Kampung Kamtibmas yang telah di launching oleh Kapolres Kapuas Hulu beberapa waktu lalu, yang tidak hanya di bidang keamanan namun juga 7 aspek kehidupan lainnya, yaitu sosial, budaya, ekonomi, agama, kesehatan, pendidikan dan keamanan.

Loading...

“Kami sangat berterima kasih kepada Polsek Putussibau Selatan khususnya Bhabinkamtibmas Desa Malapi yang sudah datang dan mendengar keluhan kami serta sudah berupaya membantu kami membuat jamban sehat dan kami ucapkan terima kasih kepada aparatur Desa Malapi dan masyarakat yang sudah membantu,” ucap Agustinus. mul

Tinggalkan Balasan