Baznas Kabupaten Sukabumi Berikan Pelatihan Bagi Peserta Zmart

oleh -109 views

SUKABUMI, HR – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi, mulai melakukan Latihan Dasar Kelompok (LDK) terhadap sebanyak 50 penerima manfaat program Zakat Mart (Zmart).Hal ini dilakukan agar implementasi Zmart dapat berjalan sesuai rencana.
Pada tahun 2020 Baznas mentargetkan sebanyak 50 penerima manfaat yang berasal dari lima kecamatan yakni, Kecamatan Kebonpedes, Sukaraja, Sukalarang, Sukabumi, Cisaat, Kadudampit, Cicantayan dan Kecamatan Gunungguruh,” katanya.

Sedangkan anggaran yang bakal dikucurkan mencapai sebesar Rp1 miliar yang bersumber dari Baznas Pusat, Baznas Provinsi Jabar dan Baznas Kabupaten Sukabumi. Kepala Bidang Administrasi Umum Baznas Kabupaten Sukabumi, M Kamaludin mengatakan, LDK ini berlangsung selama dua hari mulai Selasa sampai Rabu (1/7).

“Alhamdulillah semua peserta dapat semuanya hadir mengikuti LDK ini. Pada minggu depan, kami sudah mulai akan melakukan branding seperti pemasangan spanduk, rehab warung dan lain sebagainya,” katanya, Rabu (1/7).

Menurutnya, program Zmart ini untuk meningkatkan kapasitas warung sehingga dapat tumbuh dan berkembang di tengah pasar ritel modern serta mengatasi kemiskinan khususnya di wilayah perkotaan. “Karena itu, penerima manfaat harus mengetahui secara detail terkait program ini sehingga kami akan melakukan pendampingan selama satu tahun kepada para penerima manfaat ini agar hasilnya maksimal,” ucapnya.

Dalam LDK ini, penerima manfaat dididik untuk bisa mandiri dan dapat mengembangkan usaha ritelnya dengan baik. “Setelah berjalan dengan baik, nantinya kami akan mendorong penerima manfaat ini untuk melakukan infaqnya melalui Baznas dan ketika sudah semakin berkembang maka akan didorong untuk berzakat,” ucapnya.

Loading...

Dengan diluncurkannya program tersebut, dapat mengangkat pelaku usaha ritel kecil yang berada di setiap daerah. Bahkan, untuk memudahkan para pelanggan nantinya Baznas akan menyiapkan aplikasi sehingga masyarakat bisa berbelanja secara online. “Misalnya ada masyarakat yang mau berbelanja di daerah Cisaat maka melalui aplikasi ini akan menunjukan Zmart terdekat. Mudah-mudahan dengan adanya pendampingan program Zmart ini dapat berjalan sesuai harapan,” pungkasnya. ida

Tinggalkan Balasan