Baznas Kabupaten Sukabumi Berikan Beasiswa untuk 60 Mahasiswa

Kepala Bidang Administrasi Umum Baznas Kabupaten Sukabumi, M Kamaludin dan lainnya.

SUKABUMI, HR Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi memberikan beasiswa kepada 60 mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Program tersebut merupakan bagian dari upaya untuk mencetak satu serjana dalam satu keluarga miskin.

Kepala Bidang Administrasi Umum Baznas Kabupaten Sukabumi, M Kamaludin mengatakan besaran bantuan yang diberikan untuk 60 mahasiswa itu masing-masing Rp 3 juta selama satu semester.

“Selain di berikan beasiswa, puluhan mahasiswa ini juga diberikan pembinaan. Tujuannya agar bisa membantu mendakwahkan program Baznas di lingkungannya masing-masing,” terangnya.

Menurut Kamaludin program satu keluarga satu sarjana ini sudah di luncurkan sejak 2015 lalu. Namun pada 2019 ini jumlahnya mengalami peningkatan, dimana pada 2018 hanya memberikan kepada 50 mahasiswa saja. “Alhamdulillah setiap tahunnya terus ada peningkatan. Tahun ini, ada peningkatan 10 mahasiswa yang menerima beasiswa ini,” sebutnya.

Kamal menjelaskan, program tersebut diberikan kepada keluarga yang masuk dalam kategori miskin, penghafal Alquran Juz ke-30, tidak merokok, lulus tes wawancara soal keagamaan dan sudah terdaftar disalah satu perguruan tinggi.

“Ini persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa dari Baznas. Sehingga beasiswa ini bisa tepat sasaran sesuai dengan tujuan dari program,” katanya.

Dengan adanya program tersebut, kata Kamaludin diharapkan dapat meningkatkan kualitas kaum duafa, dengan cara mendongkrak dalam sisi aspek kehidupannya melalui pendidikan, sehingga bisa memutus rantai kemiskinan kedepannya.

Loading...

“Mudah-mudahan dengan lahirnya sarjana di keluarga miskin ini bisa linier dengan meningkatnya perekonomian mereka. Sesuai dengan Undang-undang nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat,” pungkasnya. ida

Tinggalkan Balasan