Basarnas Kepulauan Babel Diskusikan Pembangunan Tower Repling dan Pelatihan Potensi SAR ke Pj Gubernur Suganda

oleh -509 views
Basarnas Kepulauan Babel Diskusikan Pembangunan Tower Repling dan Pelatihan Potensi SAR ke Pj Gubernur Suganda.

PANGKALPINANG, HR – Basarnas Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) melakukan diskusi bersama Penjabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu, terkait pelaksanaan kegiatan Pelatihan Potensi SAR dan Pembangunan Tower Repling, di Ruang VIP Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Rabu (7/6/2023).

Terkait hal ini, Kepala Basarnas Kepulauan Babel, I Made Oka Astawa mengatakan, bahwa pihaknya berencana menggelar Pelatihan Potensi SAR di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) pada tanggal 11-17 Juni 2023 mendatang.

Made Oka menerangkan bahwa pelatihan tersebut, nantinya akan mengundang sejumlah instansi terkait di Provinsi Kepulauan Babel, khususnya di Kabupaten Basel.

Selain itu, menurut Made Oka, kegiatan Pelatihan Potensi SAR yang akan diselenggarakan di Negeri Junjung Besaoh tersebut masuk ke dalam silabus program nasional serta tersertifikasi.

“Nantinya Pelatihan Potensi SAR ini, akan diikuti sejumlah instansi-instansi yang terkait dengan SAR, yang ada di Kepulauan Babel dan Kabupaten Basel, seperti BPBD, Dinas Sosial, Tagana, Pramuka Peduli, termasuk relawan dan instansi terkait lainnya,” terangnya.

“Jadi, jika suatu saat ada kebencanaan maupun yang membutuhkan layanan SAR, mereka yang sudah kita didik dalam Pelatihan Potensi SAR nanti, bisa memberikan pelayanan SAR terhadap masyarakat di Kepulauan Babel,” tambahnya.

Lebih lanjut Made Oka menerangkan, selain akan menggelar Pelatihan Potensi SAR, Basarnas Kepulauan Babel juga berencana melakukan pembangunan Tower Repling.

Menurut Made Oka, Tower Repling yang dibangun nantinya akan di kombinasikan dengan kolam renang sedalam lima meter dengan dilengkapi gambar, kaca dan tali temali. Semua itu, lanjut Made Oka, diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat, untuk latihan penanggulangan kebencanaan.

“Waktu di Belitung, kami (Basarnas Kepulauan Babel) sudah pernah menyampaikan rencana pembangunan Tower Repling ini ke Pak Pj. Gubernur karena Kepulauan Babel ini wilayahnya didominasi oleh perairan,” terangnya.

“Kami berencana menyatukan antara tower repling, tali temali, kolam renang dan lain sebagainya, untuk digunakan oleh siapapun yang ingin melakukan latihan penanggulangan kebencanaan ataupun jika ada yang membutuhkan pelayanan SAR di Perairan, seperti di Sungai, Kolong dan sebagainya,” lanjutnya.

 

“Semoga pembangunan ini bisa semakin menguatkan sinergi antara pemerintah dengan Basarnas untuk optimalisasi penanggulangan dan penanganan kebencanaan. Kami harap, Pak Pj. Gubernur bisa hadir langsung dan membuka pelaksanaan kegiatan Pelatihan Potensi SAR di Basel nanti,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Penjabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu mendukung seluruh kegiatan Pelatihan Potensi SAR yang akan diselenggarakan oleh Basarnas, di Kabupaten Basel pada tanggal 11-17 Juni 2023 mendatang.

“Kegiatan pelatihannya silahkan dilaksanakan, jika memungkinkan, saya hadir. Tapi jika ada kegiatan lain, saya akan tugaskan perwakilan untuk hadir di Basel nanti,” kata Pj. Gubernur Suganda.

Sementara, terkait Pembangunan Tower Repling, Pj. Gubernur Suganda mengaku setuju dengan apa yang direncanakan oleh Basarnas Kepulauan Babel tersebut.

“Untuk pembangunan Tower Repling, saya setuju. Akan tetapi, tetap kita sesuaikan dengan ketersediaan anggarannya. Toh ini kan bisa berkelanjutan,” ucapnya.

“Bisa saja mungkin tahun ini kita bangun _tower_nya dulu. Kemudian kolam renangnya di tahun depan. Atau bisa jadi juga jika anggarannya cukup, bisa kita langsung eksekusi sekaligus,” tutupnya. agus priadi

Tinggalkan Balasan