Bali Kembangkan Bisnis Startup Berkelanjutan

oleh -150 views

BADUNG, HR – Bertempat di Kembali Innovation Hubb, lembaga pelatihan Techstars kembali mengadakan Startup Weekend Bali dengan tema “Bangun Startup-mu dalam 59 jam” bekerjasama dengan Telkomsel dan beberapa startup yang lebih dulu sukses di kancah bisnis nasional.

Acara yang dibuka pada Jumat (10/05/2019) ini akan berlangsung selama 3 hari dan dihadiri oleh mentor dan pelatih yang telah berpengalaman di bidang startup seperti Software Developer Gringgo.com, Leonard Papilaya, Project Coordinator SecondMuse Indonesia, Catra Darusman, Five Pillars Foundation, I Putu Wiraguna, dan beberapa pelaku startup lainnya.

Hadir dalam sesi pengantar Head of Education and Public Community Development Telkomsel, Steve Saerang. Ia menyampaikan 3 program untuk startup dari Telkomsel berupa The NextDev, Telkomsel Innovation Center, dan Telkomsel Mitra Inovasi.

“The NextDev merupakan pendampingan dan bantuan dana bagi startup terpilih hingga bisa menghidupi dirinya sendiri. Telkomsel Innovation Center adalah kerjasama Telkomsel dengan startup yang bisa bekerjasama langsung di bidang telekomunikasi. Sementara Telkomsel Mitra Inovasi merupakan perencanaan Telkomsel dalam menginvestasikan dana pada startup terpilih sebagai investor pemegang saham,” jelas Steve kepada 70 peserta dari kalangan mahasiswa, pegawai swasta, hingga pengusaha.

Dalam pengantar tersebut turut disampaikan pula pengalaman dari Kepala STMIK Primakara, Made Artana terkait jatuh bangun perjalanan membangun startup dan kendala apa saja yang biasa dihadapi di awal usaha.

“90% startup gagal, hal ini dikarenakan ilmu dalam membangun startup merupakan ilmu yang tidak hanya bisa dipelajari di ranah teori,” terangnya.

Pada hari pertama peserta akan mendapatkan pengantar dan melaksanakan pemilihan tema startup yang akan didiskusikan dua hari ke depan, hari kedua peserta akan melaksanakan focus group discussion tiap tim yang telah dibentuk bersama dengan mentor dan pelatih, sementara hari ketiga akan diadakan pematangan konsep startup, presentasi, dan pemilihan konsep terbaik oleh mentor.

Loading...

Keseluruhan kegiatan akan ditujukan untuk dapat membangun startup yang berkelanjutan dan benar dapat bermanfaat bagi masyarakat. “Kami akan mengusahakan dengan maksimal startup yang lahir dari kegiatan ini sebagai perpanjangan tangan Telkomsel dalam membantu masyarakat,” tutup Steve. gina

Tinggalkan Balasan