Baju Sekolah Didanai APBD, Kedodoran

oleh -254 views
KAMPAR, HR – Banyak pakaian sekolah yang diterima siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Kampar, ukurannya kedodoran. Sehingga sejumlah siswa sama sekali tidak ingin mengenakannya.
Untuk tahun anggaran 2014 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik), mengalokasikan anggaran untuk pengadaan Pakaian Sekolah Siswa SMA/SMK 2 Stel. Ada pun jumlah siswa penerima pakaian masing-masing sekolah, berbeda.
Sebagai contoh, SMA Negeri 1 yang berlokasi di Kecamatan Salo. Menurut Kepala Sekolah bernama Yanis, SMAN 1 yang dipimpin yaitu menerima jatah pakaian dari Pemkab hanya untuk 40 murid.
Sementara itu SMKN 1XIII Koto Kampar melalui Kepala Sekolahnya Mairil SPd yang dihubungi wartawan pada pecan lalu menyebutkan, pihaknya menerima pakaian sekolah yakni untuk 20 murid. Sedangkan SMAN 1 Koto Kampar Hulu, sebagaimana penuturan Kepala Sekolah bernama Darmulis M MPd, menerima pakaian sekolah untuk 30 murid.
Dalam pada itu, beberapa siswa yang dihubungi wartawan sekitar awal April lalu, seperti para murid dari SMAN I Salo, SMAN 1 XIII Koto Kampar, SMK N 1 XIII Koto Kampar dan SMAN 1 Koto Kampar Hulu mengaku, ukuran baju yang mereka terima kedodoran. Sehingga belum bisa dipakai.
Pakaian yang dibagikan Pemkab khusus untuk para murid tingkat Sekolah Lanjutan Atas (SLTA) di Kabupaten Kampar itu, yang ukurannya banyak yang longgar, juga diakui sejumlah guru.Tapi meskipun ukurannya longgar, ada juga guru yang merasa senang. “Lumayan dapat, walaupun ukurannya besar. Dari pada dapat yang ukurannya kecil,” ujar seorang guru.
Menanggapi banyaknya pakaian yang didistribusikan kepada para murid yang ukurannya longgar, Kepala Sekolah SMAN 1 Koto Kampar Hulu pun memberikan saran.“Kalau ada perolehan pakaian/sepatu, sebaiknya diukur dulu bagi siswa yang mendapat. Baru barang diturunkan,” ujarnya.
Dari catatan HR, pada tahun anggaran 2014 Pemkab Kampar melalui Disdik menganggarkan dana untuk pengadaan Pakaian Sekolah Siswa SMA/SMK 2 stel. Dengan nilai pagu paket Rp450.000.000 dan nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) paket Rp448.664.700.
Sementara pemenang lelang Pakaian Sekolah Siswa SMA/SMK 2 Stel ini yakni CV Tirta Embun Pagi dengan pengajuan harga penawaran Rp 445.500.000. ■ ramses

Tinggalkan Balasan