Ayo, Jadikan Posyandu Primadona Pelayanan Kesmas

oleh -202 views
TANGERANG, HR – Posyandu yang dulu jadi primadona kebanggaan rakyat Indonesia, hingga kini pun keberadaan Posyandu masih berimplikasi dan efektif dalam memberikan pelayanan kesehatan rakyat Indonesia, dalam setiap bulannya. Rakyat berbondong-bondong mendatangi Posyandu yang dikelola berbasis komunitas.
Konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan, keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek infrastruktur, aspek perlengkapan, aspek dana dan lain sebagainya.
Untuk mengemukakan proses dari aspek tersebut pada kesempatan ini kecamatan Pinang Kota Tangerang secara teratur mengadakan Pembinaan Kader Posyandu Tingkat Kecamatan Pinang Kota Tangerang tahun anggaran 2016 berlangsung di dua Kelurahan, yakni Kelurahan Sudimara Pinang (16 September 2016) dan di Kelurahan Panunggangan (19 September 2016).
Pembinaan kali ini menitik beratkan antara lain maintenance fasilitas gedung Posyandu, kebutuhan perlengkapan administrasi, kebutuhan pemakaian biaya listrik dan pengembangan SDM.
“Segala upaya menyangkut sarana fasilitas kebutuhan posyandu, sebelum-sebelumnya sudah melakukan secara rutin meninjau, mendata dan memperhatikan bagian-bagian terpenting apa yang akan lebih kami utamakan untuk selanjutnya,” ungkap Eryadin Halim Kasi Ekbag Kecamatan Pinang.
“Kami juga berharap sarana fasilitas gedung Posyandu bisa digunakan pula secara multifungsi, khususnya yang bermanfaat positif untuk kepentingan masyarakat seperti pengajian-pengajian, pemilihan RT/RW, Karang Taruna dan sebagainya,” tambah Eryadin Halim.
“Secara impulsif dan parsial kami selaku aparatur pelayanan dan pengabdian terhadap masyarakat,semua program posyandu akan kami dukung sepenuhnya tanpa terkecuali mengabaikan pelayanan lainnya,” papar Cecep Rusmi Lurah Panunggangan.
Sementara itu, Sudarto Lurah Sudimara Pinang pun mengimbau semoga setelah diberikan pemaparan ini dalam pembinaan kader Posyandu, para pengurus dan kader Posyandu se-Kecamatan Pinang semakin tetap terus bekerjasama dan mencerna dengan baik apa yang sudah disampaikan dalam agenda tersebut. Tujuannya adalah demi kepentingan kita bersama, khususnya memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. haryo


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan