Ayo Cek Klik Sebelum Belanja-BPOM Fasilitasi Cek Ijin Edar Produk

oleh -183 views
Ayo Cek Klik Sebelum Belanja - BPOM Fasilitasi Cek Ijin Edar Produk.

BADUNG, HR – Ayo Cek Klik Sebelum Belanja berupakan program nasional yang diselenggarakan secara serentak pada Sabtu, (07/09/2019) di 5 provinsi yakni Palembang, Denpasar, Surabaya, Balikpapan, dan Manado serta di Jakarta. Program ini berisi sosialisasi bagi masyarakat untuk senantiasa mengecek kembali Kemasan, Label, Izin edar, dan tanggal Kadaluwarsa pada produk yang akan dibeli.

“Kemasan, pastikan kemasan produk dalam kondisi baik, tidak berlubang, sobek, karatan, penyok, dan lain-lain. Kedua cek Label, baca informasi pada label yang tertera dengan cermat. Ketiga Izin edar, pastikan produk memiliki izin edar dari BPOM, izin dapat dicek pada aplikasi Cek BPOM di Android dan IOS, dan yang terakhir Kadaluwarsa, pastikan kemasan belum mencapai tanggal kadaluwarsanya.” Jelas Kepala Balai Besar POM Denpasar, I Gusti Ayu Adhi Aryapatni.

Dalam kegiatan launching program di Swalayah Ayu Nadi, Kuta, Ayu turut menekankan pentingnya kesadaran masyarakat untuk mengecek kembali produk kemasan yang akan dibeli. Ia telah menyediakan aplikasi berbasis Android dan IOS yang dapat diunduh di Play Store dan App Store untuk mengecek nomor kemasan.

“Produk yang dapat dicek adalah produk yang telah terdaftar di BPOM dengan syarat dan ketentuan tertentu, yakni produk yang memiliki masa kadaluwarsa baik itu produk makanan, minuman, kosmetik, dan obat-obatan.” Terangnya.

Dalam aplikasi tersebut masyarakat dapat melihat apakah nomor yang tertera dapam kemasan benar telah terverifikasi dan terdaftar di BPOM. Hal ini untuk menghindari keracunan serta hal-hal yang tidak diinginkan terjadi setelah masyarakat mengkonsumsi suatu produk kemasan.

Aplikasi Cek BPOM dapat digunakan untuk mengecek nomor seri BPOM tiap produk, semenrara aplikasi BPOM Mobile dapat digunakan untuk mengecek barcode yang tertera pada kemasan yang keduanya lalu akan menampilkan apakah produk tersebut telah terdata atau belum di BPOM.

Loading...

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini maka masyarakat dapat lebih sadar terhadap hal-hal yang harus dilakukan sebelum membeli produk.” Tutup Ayu. gina

Tinggalkan Balasan