Pj Gubernur Kepulaan Babel Ridwan Djamaluddin Hadiri Acara Pemberian Gelar Adat Jenderal Moeldoko dan Peresmian Amenitas Pantai Pasir Padi

oleh -85 views
WhatsApp Image 2023 01 16 at 09.44.19 1
Pj Gubernur Kepulaan Babel Ridwan Djamaluddin Hadiri Acara Pemberian Gelar Adat Jenderal Moeldoko dan Peresmian Amenitas Pantai Pasir Padi.

PANGKALPINANG, HR – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin bersama Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menghadiri kegiatan Penabalan (pemberian) Gelar Adat kepada Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dan Peresmian Fasilitas amenitas Pantai Pasir Padi, di Kawasan Wisata Pantai Pasir Padi, Jumat (13/1/2023) siang.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyampaikan ucapan rasa hormat dan terima kasih karena telah dianugerahi gelar adat Melayu Kep. Babel “Datuk Sri Radendo Panglima Benteng Negeri.”

“Ini luar biasa, sekali lagi dengan segala hormat saya terima kepercayaan dan kehormatan itu dan saya sungguh bahagia karena saya bagian dari saudara-saudara saya sekalian di Pangkalpinang. Tapi di balik itu ada tanggung jawab. Kalau saya tidak jatuh cinta kepada Pangkalpinang enggak sering ke sini, saya memang dari awal sudah jatuh cinta dengan Pangkalpinang dengan segala kekuatan yang dimiliki,” ujarnya.

Dirinya melihat ini bukan sebuah potensi saja, dijelaskannya bahwa banyak dari kita melihat sesuatu hanya sebagai potensi, tetapi yang jauh lebih penting adalah bagaimana potensi itu sungguh-sungguh bisa dikelola menjadi kekuatan. Kekuatan ekonomi di sini akan muncul kalau didukung oleh kekuatan sosial, kekuatan budaya dan seterusnya.

“Ini potensinya luar biasa. Untuk itu saya setuju tadi dengan Bapak Gubernur bahwa local wisdom ini supaya jangan sampai redup, dikembangkan dari waktu ke waktu,” ujarnya.

“Generasi-generasi muda harus diajak kembali untuk memahami tentang budaya, budaya itu sungguh menjadi kekuatan bangsa, menjadi kekuatan pemersatu. Dengan budaya juga bisa menjadi kekuatan ekonomi. Jadi ada tiga  persyaratan untuk memenuhi agar sektor pariwisata itu bisa berkembang. Yang pertama atraksi, atraksi-atraksi itu bisa dimunculkan dari seni tari-tarian tadi sudah kita lihat bisa dikembangkan jauh lagi. Berikutnya atraksi bagian dari ritual, tadi ini kalau dibuat jadwal masyarakat internasional tahu, itu menarik, semua orang ingin datang ke sini,” jelasnya.

Yang kedua yang menjadi hal penting untuk mendukung pariwisata yaitu aksesibilitas. Dikatakan Jenderal Moeldoko, Pj. Gubernur Ridwan sudah memberikan dukungan akses luar biasa, juga Wali Kota Pangkalpinang membuka akses jalan, akses jalan ini menurutnya, memberikan kemudahan kepada siapapun untuk datang ke Pangkalpinang.

WhatsApp Image 2023 01 16 at 09.44.19
WhatsApp Image 2023 01 16 at 09.44.19

“Jalannya lebar akan dibuat kanan kiri Ini orang mau datang pasti happy karena tidak ada kemacetan, jalannya lancar, tidak rusak. Yang ketiga adalah amenitas, ini bagaimana kelengkapan-kelengkapan toiletnya diperbaiki akses pedestriannya diperbaiki,” tambahnya.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, saya menjadi bagian dari warga Pangkalpinang dan saya ingin ikut mengabdikan diri untuk masyarakat Pangkalpinang agar ada sebuah perubahan yang sangat cepat pertumbuhannya, dari sektor ekonomi, juga pertumbuhan dari sektor-sektor yang lain, sehingga masyarakat menjadi lebih sejahtera,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Pj. Gubernur Ridwan Djamaluddin mengatakan, memang Pangkalpinang adalah pusat perputaran pertumbuhan yang diandalkan. Ketika kita melihat industri timah, industri sawit, dan lain-lain yang sedang berlangsung saat ini, namun pada akhirnya nanti masa depan tampaknya adalah pariwisata.

“Ketika diskusi dengan teman-teman pelaku usaha wisata di Pangkalpinang, kami sepakat bahwa Ancolnya Pangkalpinang adalah Pasir Padi. Jadi kita sepakat, ya kira-kira di sinilah nanti kita akan kembangkan ikon pariwisata pantai di Pangkalpinang ini, kami akan mendukung dengan segala upaya,” jelasnya.

“Alhamdulillah hari ini kita akan meresmikan beberapa amenitas, kalau aksesibilitas Pak, kita tadi dari bandara sangat dekat dan sehingga tidak ada kendala. Kuliner kita juga bagus-bagus, durian sedang musim Pak, nanti malam saya kira Bang Molen sudah menyiapkan durian, durian nomor 1 di dunia ya di sini (Kep. Babel),” ujarnya lagi.

Ia menambahkan, kegiatan kebudayaan Kep. Babel yang disampaikan oleh para ketua adat juga merupakan sesuatu yang patut dipelihara, dijaga, dikembangkan, sehingga nanti pariwisata Kep. Babel tidak kering, tidak hanya sekedar melihat laut melihat pantai, jalan-jalan, makan, tapi ada kekuatan budaya yang dipertahankan dan ditingkatkan.

Pj Guberunur Ridwan juga mengucapkan selamat kepada Jenderal Moeldoko atas pemberian gelar adat yang telah dilakukan di awal acara.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil dalam sambutannya mengatakan, dengan luas wilayah yang cuma 104,5,06 km² , jumlah penduduknya hanya 236.569.

“Orangnya sedikit sekali Pak, dan pantainya pun cuma ini satu-satunya. Tetapi kami tidak menyerah oleh kondisi itu, kami berupaya untuk memajukan Pangkalpinang ini sebagai Ibu Kota Provinsi, kami enggak mau kalah dengan kota-kota yang lain,” jelasnya.

Loading...

Di akhir acara dilakukan penyerahan plakat oleh Wali Kota Pangkalpinang kepada Jenderal Moeldoko, juga penandatangan peresmian amenitas Pantai Pasir Padi oleh Jenderal Moeldoko, dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita sentra kuliner di Kawasan Wisata Pantai Pasir Padi. agus priadi

Tinggalkan Balasan