Pj Bupati Landak Hadiri Seminar Ilmiah dan Pelantikan Pengurus IDI Kabupaten Landak Masa Bakti 2022-2025

oleh -382 views
oleh
Pj Bupati Landak Hadiri Seminar Ilmiah dan Pelantikan Pengurus IDI Kabupaten Landak Masa Bakti 2022-2025.

LANDAK, HR – Pj Bupati Landak Samuel, SE, M.Si menghadiri Seminar Ilmiah dan Pelantikan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kab. Landak Masa Bakti 2022-2025 dengan tema Peningkatan Kompetensi, Profesionalisme, dan Integritas Dokter dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan, di Grand Landak Hotel Ngabang, Kamis (16/02/2023).

Turut Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Landak, Perwakilan Danyon Armed 16/Komposit, Ketua IDI Wilayah Kalimantan Barat, Dewan Pembina IDI Kab. Landak, Ketua IDI Kab. Landak beserta jajaran, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Landak atau yang mewakili, Anggota IDI Kab. Sanggau, para ketua organisasi profesi di Kab. Landak, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Pj. Bupati Landak Samuel mengucapkan atas nama Pemerintah Kabupaten Landak selamat atas dilantiknya Pengurus IDI Cabang Kabupaten Landak periode 2022-2025.

“Kami menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran pengurus IDI Cabang Kabupaten Landak yang telah dilantik. Semoga momentum pelantikan ini menjadi awal yang baik untuk para dokter yang bertugas di Kabupaten Landak agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat terutama meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sehingga nantinya dapat terwujud masyarakat Kabupaten Landak yang sehat,” ujar Samuel.

Lebih lanjut Samuel menuturkan salah satu upaya untuk menyehatkan bangsa adalah melalui profesionalisme di bidang kesehatan dan kedokteran serta senantiasa berupaya untuk meningkatkan dan memeliharan pelayanan kesehatan yang bermutu, adil, merata, dan terjangkau.

“Penyelenggaraan pelayanan kesehatan ini tentu saja belum cukup bila tidak didukung dengan penerapan nilai-nilai moral dan etika profesi yang tinggi. Demikian juga pelayanan di bidang kedokteran. Pelaksanaan nilai-nilai luhur profesional sangat diperlukan,” tutur Samuel.

Pj. Bupati Landak itu juga menegaskan IDI sebagai satu-satunya organisasi profesi dokter yang bertanggung jawab terhadap mutu pelayanan dokter Indonesia dimana anggotanya selalu diberikan bimbingan dan pembinaan.

“Mutu pelayanan yang dimaksud adalah pemenuhan standar profesi dimana standar etik atau kode etik menjadi salah satu unsurnya. Dalam pelayanan, seorang dokter harus memegang teguh etika kedokteran yang menjadi penentu keluhuran profesi ini. Untuk itu, kami berpesan kepada para pengurus yang baru agar bekerja dengan dedikasi yang tinggi dan sikap profesional sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat di Kabupaten Landak yang kita cintai ini,” jelas Samuel.

Ia berpesan kepada IDI Cabang Kabupaten Landam untuk bekerja dengan sepenuh hati, tulus, dan ikhlas sebagai jembatan mitra kerja antara dokter dan pemerintah serta terus mengembangkan diri dan meningkatkan kapasitas dalam mewujudkan cita-cita bersama untuk memberikan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Landak.

“Tantangan kedepan cukup banyak dalam upaya kita untuk meningkatkan harapan hidup di Kabupaten Landak. Meningkatkan harapan hidup berarti meningkatkan derajat kesehatan dan tidak kalah penting pada akhirnya secara otomatis akan meningkatkan IPM di Kabupaten Landak,” pesanya.

Untuk sekarang, sambung Samuel, Kabupaten Landak berada di peringkat ke-8 untuk IPM dari 14 Kabupaten/Kota dan salah satu parameter atau indikatornya adalah kesehatan, pendidikan, dan kegiatan ekonomi.

“Nah ini yang nanti peran IDI di Kabupaten Landak ini untuk meningkatkan harapan hidup dan derajat kesehatan masyarakat. Dan ini juga sejalan dengan upaya untuk menurunkan angka stunting,” terang Samuel.

Samuel berharap peran dari semua dokter yang tergabung dalam IDI untuk selalu bersinergi dengan pemerintah untuk berkolaborasi dalam program-program IDI sehingga tujuan Pemerintah Daerah Kabupaten Landak serta tujuan Pemerintah Republik Indonesia pada umumnya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat bisa tercapai.

“Semoga kedepannya IDI Cabang Landak senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat demi membangun Kabupaten Landak yang sama-sama kita cintai ini,” harap Samuel.

Tidak lupa Samuel mengingatkan kepada para dokter yang tergabung dalam IDI Cabang Kabupaten Landak untuk senantiasa mendahulukan kepentingan masyarakat daripada kepentingan pribadi.

“Kami ucapkan selamat bekerja kepada para dokter yang tergabung dalam organisasi profesi IDI Cabang Landak yang baru saja dilantik. Utamakan kepentingan pelayanan kepada masyarakat daripada kepentingan pribadi. Kami juga mengingatkan kepada seluruh pengurus IDI agar jangan pernah terlibat dalam praktek politik, kriminalitas, intimidasi, serta perbuatan amoral lainnya,” tutup Samuel.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan plakat oleh Ketua IDI Cabang Landak kepada Pj. Bupati Landak Ketua IDI Wilayah Kalimantan Barat dan Dewan Pertimbangan. lp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *