Keinginan Divaksin Tinggi, Ketersediaan Vaksinnya yang Terbatas

oleh -76 views
Iptu Hariyanto

SINTANG, HR – Kepolisian Resort Sintang Kalimantan Barat, hingga berita ini diturunkan, bahwa vaksin Polri di Polres Sintang sudah capai 23.266 dosis sejak bulan Juli s/d Oktober 2021.

Target ini sesungguhnya masih jauh dari usul Polri-Polres Sintang 6.000 peserta karena kendala beberapa hal diantaranya, ketersediaan vaksin dan jaringan internet.

Namun demikian, semua kendala ini telah di koordinasikan kepada Dinas Kesehatan selaku penyedia vaksin dan kepada Tim Percepatan Vaksin Sintang Kalimantan Barat.

Demikian Kapolres Sintang, melalui Kabag Humas Polres Sintang, Iptu Hariyanto saat ditemui HR (8/10).

Hariyanto menegaskan kembali, bahwa kendala vaksin Covid 19 di wilayah Polres Sintang sampai hari ini hanya karena vaksin-nya saja, baik jumlah dosis dan waktu datangnya sering tidak sesuai permintaan.

Kemudian, jaringan internet sering lelet sehingga ketika akan mengakses data peserta lambat, terakhir akibat banjir, tapi banjir itu tidak begitu berpengaruh terhadap pelaksanaan vaksin.

Hariyanto merincikan, data terakhir yang diakses dari setiap Polsek – Polres Sintang, baik ketersediaan, nihil vaksin dan pesertanya tergambar sebagai berikut.

Polsek – Polsek yang vaksinnya nihil sampai bulan Oktober ini adalah, Polsek Kelam Permai, Tebelian, Ketungau Hilir, Tempunak, Binjai Hulu dan Sepauk.

Sementara yang masih miliki vaksin, Polsek Dedai sisa 300 dosis, Kayan Hulu sisa 70 dosis, Serawai sisa 199 dosis, Ket Tengah sisa 60 dosis, Kayan Hilir sinovak 1361 dosis, moderna 42 dosis, Polsek Sintang Kota, sisa 887 dosis

Ket Hulu sinovak 1.237 dosis, moderna 18 dosis, dan hari ini ditargetkan vaksin 450 orang.

Beberapa Polsek lainnya juga sedang melakukan aktivitas vaksin dengan target 55 orang per Desa.

Terakhir Polsek Ambalu sisa 26 dosis namun karena diserang banjir maka vaksinnya dikembalikan sementara ke Dinkes, saat banjir surut/aman akan diambil kembali, lanjut Hariyanto.

Terkait kekurangan jatah vaksin Polri tersebut, terjadi karena Polri juga telah vaksin peserta usia 18 th dn 12 tahun.

“Hal ini di tangani Polri seiring akan dilaksanakannya pendidikan tatap muka,” sambungnya.

Untuk menjangkau masyarakat umum dan komunitas untuk vaksin, Polres Sintang juga melakukannya di beberapa titik seperti, Pondok pesanteren, Rumah ibadah, dan tempat umum seperti, Balai Kenyalang.

“Sementara vaksinator Polri di Polres Sintang sampai hari ini, berjumlah 5 orang dan ketika kegiatan Vaksin selalu dibantu paramedis yang ada di Puskesmas setempat,” jelas Hariyanto. tim

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.