Harun : Optimis Terserap APBD 2015

oleh -192 views
Ilustrasi
JAKARTA, HR – Kasudin PU Tata Air Jakbar, Harun, mengatakan, unit kerjanya optimis penyerapan APBD 2015 terpenuhi. Dari total anggaran Rp246 M, ungkap Harun, akan terserap untuk kegiatan lelang dan swakelola. Untuk lelang tahap pertama, saat ini masih proses pelaksanaan oleh pihak ketiga. Sedangkan tahap kedua, masih proses tender di ULP Jakbar.
Namun, akibat kenaikkan kurs dollar, pihaknya terpaksa membatalkan lelang rumah pompa. Dari lima paket yang dilelangkan, tiga diantaranya “dimatikan” karena tidak ada perencanaan dan sisanya dibatalkan oleh ULP akibat tidak ada peminatnya.
Mengenai swakelola, Harun mengatakan bahwa kegiatan itu bukan diartikan dikerjakan oleh satu orang atau satu unit seksi saja, yang sebenarnya dilaksanakan oleh beberapa unit dan diawasi oleh unit lainnya.
“Perencanaan harus jadi pedoman pelaksanaan,” ujar Harun, Kamis (1/10).
Menyikapi itu, pengamat kebijakan publik, Amir Hamzah, menjelaskan, lambannya penyerapan anggaran di Pemprov DKI akibat kebijakan Gubernur yang kerap melakukan rotasi.
“Kebijakan rotasi itu telah merusak sistem koordinasi antar SKPD, maupun sistem koordinasi antar Seksi di satu unit SKPD. Setiap ada rotasi, berarti setiap pejabat maupun stafnya harus melakukan penyesuaian kerja antar unit dan SKPD. Itu pun belum termasuk dengan kemampuan pengetahuan si pejabatnya atas regulasi kerja di unitnya,” ujarnya. kornel

Tinggalkan Balasan