Cetak Siswa Masuk Dunia Usaha

oleh -296 views
SUKABUMI, HR – Di Indonesia Vokasi terdapat di empat daerah, salah satunya di Kota Sukabumi, dimana merupakan tempat bagi siswa siswi sekolah kejuruan mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dalam pendidikan dan pelatihan, selain ilmu yang didapat disekolah mereka masing-masing.
Mulyadi, Kepala UPT Vokasi Kota Sukabumi, didampingi Us Us.B.Halian Kasubag TU Vokasi, saat ditemui diruang kerjanya menjelaskan, keberadaan vokasi baru memasuki tahun kedua. “Tetapi pihaknya sudah melaksanakan dua kali pelatihan, diawal tahun berdiri kita melaksanakan diklat mengenai teknik perakitan perangkat komputer, dan sekarang pendidikan dan pelatihan mengenai teknik otomotif,” ucapnya.
Setiap angkatan diklat diikuti sebanyak 120 orang peserta, yang berasal dari 4 SMKN dan 17 SMK swasta yang ada dikota Sukabumi, dimana tiap sekolah mengajukan nama-nama siswanya. “Kami menseleksinya untuk diikutsertakan menjadi peserta sesuai dengan diklat yang akan diselenggarakan,” ucapnya.
Setiap peserta mengikuti diklat selama dua bulan, empat hari pelatihan, satu hari peninjauan ke lokasi perusahaan yang memberikan pelatihan. “Dan, seminggu sekali peserta diharuskan datang kembali kesini,” jelasnya.
Walaupun dengan kondisi yang masih kekurangan, terutama mengenai sarana penunjang, diakui pihaknya bekerja, tetapi hal tersebut tidaklah menjadikan kendala. Pihaknya terus berupaya meningkatkan terutama dalam hal pendidikan dan pelatihan, rencana ditahun depan pihaknya akan mengadakan diklat tata boga dan kesehatan.
Diharapkan, peserta tidak hanya bertambah ilmu pengetahuaan nya saja sebagai bekal di kehidupan mendatang, tetapi juga dapat membuka peluang usaha sendiri. ■ ida

Tinggalkan Balasan