Aliansi Pemimpin Redaksi Indonesia segera Deklarasi

oleh -294 views
(ki-ka) Hendra Usma, Djoko Waluyo dan Dadang Sugandi
JAKARTA, HR – Aliansi Pemimpin Redaksi Indonseia (API) dalam waktu dekat akan dideklarasikan di Jakarta. Meski tergolong belia, organisasi yang beranggotan para Pemred baik media cetak maupun elektronika ini berkeinginan kuat untuk membuat perubahan bagi kemajuan seluruh komponen bangsa dan negara, khususnya perjuangan Pers di era keterbukaan dan dalam rangka memberikan informasi cepat, tepat, akurat dan independen.
API dicetuskan di Kota Patriot Bekasi pada 15 Agustus 2015 oleh enam wartawan sebagai deklarator. Keenam wartawan tersebut, Rahmat Satria (Pemred Fokus Jurnal), Djoko Waluyo (Pemred Poskota.co), Dadang Sugandi (Pemred Beritabuana.co), Hendra Usmaya (Pemred Media Amunisi/ Aminisinews.com), HAS Hasibuan (Pemred Transindonesia) dan Ferry Edyanto (Harapan Rakyat).
“API sama sekali bukan bentuk tandingan dari organisasi sejenis yang sudah ada. Kami terbentuk karena kobaran semangat Suara Kebenaran, untuk lebih memberikan konstribusi secara independen tanpa dipengaruhi oleh kemauan pihak investor pemilik modal. Independensi suara kami terjaga karena kami juga rata-rata owner dari media yang kami terbitkan secara mandiri,” kata Rahmat Satria, mantan petinggi Poskota, yang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua API.
Sementara Hendra Usmaya yang mantan wartawan Harian Sinar Pagi dan Ferry Edyanto, mantan wartawan Harian Jakarta menambahkan, bahwa saat ini API sudah memiliki AD dan ART dan bahkan kode etik sendiri dalam rangka persiapan legalitas. “Organisasi ini terbuka bagi pemimpin media massa, terutama yang legalitasnya sudah diakui dan lolos verifikasi Dewan Pers,” ujar Hendra Usmaya.
“Bagi media yang belum ikut bergabung silahkan mendaftar,” lanjutnya.
Hal ini sesuai anggaran dasar API yang akan menjadi wadah bagi pengelola media untuk mengembangkan kreativitas dalam rangka mempertahankan dan membesarkan media yang dikelolanya.
Adapun sekretariat API berada Jalan Sawo Kecik Raya No 195, Tebet, Jakarta Selatan, dengan susunan pengurus Ketua: Rahmat Satria, Wakil Ketua: Djoko Waluyo, Sekretaris : Hendra Usmaya, Wakil Sekretaris: Ferry Edyanto, Bendahara: Dadang Sugandi, Wakil Bendahara: HAS Hasibuan.
Sebelum deklarasi yang direncanakan awal September mendatang, sususan pengurus diharapkan lengkap dengan bidang-bidang yang dianggap perlu dan sesuai dengan misi dan visi API. “ Karena itu kami mengajak rekan-rekan pengelola media untuk ikut bergabung,” imbuh Rahmat Satria. ■ tim

Tinggalkan Balasan