Proyek di BBPJN Jatim Dimonopoli, Dalam 2 Bulan 5 Paket ‘Disikat’ PT CIMP

oleh -582 views

SURABAYA, HR – Setidaknya ada lima paket bidang jalan dan jembatan dilingkungan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali yang ditender oleh BP2JK Wilayah Jawa Timur, dimana perusahan pemenang adalah rekanan binaan yang tidak asing dilingkungan BBPJN Jawa Timur.

Kelima paket tersebut dan berdasarkan detail laman spse 4.5 yakni ditetapkan pemenang PT Cahaya Indah Madya Pratama (PT CIMP) dalam waktu bersamaan, atau sekitar dua bulan lebih, yakni dimulai pertengahan Mei hingga pertengahan Juli 2023 dalam proses tender/tahapan dapat lima paket tahun anggaran 2023.

Dan luar biasa penyedia jasa PT Cahaya Indah Madya Pratama yang ikut tender di BP2JK Wilayah Jawa Timur, menggondol lima paket yakni proyek Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII (VIII) yang diduga sebelum paket paket tersebut ditender, sudah diarahkan atau dikondisikan yang mana pihak pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran/pejabat pembuat komitmen (PA/KPA/PPK) BBPJN Jawa Timur diduga mengkondisikan agar penyedia jasa PT Cahaya Indah Madya Pratama mengerjakan kelima paket.

Kelima paket yang digondol PT Cahaya Indah Madya Pratama yakni Pembangunan Jalan Juwetkenongo-Krembung (1) dengan penawaran harga Rp 49.261.098.843,00/Satker Preservasi Jalan Bebas Hambatan Jembatan Suramadu.

Paket pembangunan Jalan Juwetkenongo-Krembung (2) dengan penawaran Rp 47.755.757.000,00/Satker Preservasi Jalan Bebas Hambatan Jembatan Suramadu, Peningkatan Jalan Lingkar Timur Lumajang Rp 44.352.261.430,00/Satker PJN Wilayah 1 Jatim, Pelebaran Jalan Menuju Standar (Ruas 062 Turen-BTS Kab, Lumajang) 1 dengan penawaran Rp 112.101.521.000,00/ Satker Pelaksanaan Jalan Nasioal Wilayah 1 Provinsi Jatim dan Pelebaran Jalan Menuju Standar (Ruas 062 Turen-BTS Kab, Lumajang) II Rp 103.817.257.000,00/Satker PJN Wilayah 1 Jatim.

Dari kelima paket diatas yang dimenangkan (PT CIMP) dikondisikan atau diarahkan kepada rekanan tertentu atau binaan yang tidak asing di lingkungan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII (Jawa Timur-Bali Ditjen Bina Marga.

Informasi diperoleh Harapan Rakyat (HR) sebelum ditetapkan sebagai pemenang kepada rekanan PT Cahaya Indah Madya Pratama, diduga sudah diplot dari awal hingga seperti dukungan peralatan utama, dukungan personil manejerial dan lainnya melalui layanan aplikasi yang di-upload dan itu hanya formalitas atau rekayasa tanpa dievaluasi secara ketat dan hal ini diduga ikut andil atau mengiring atau dipersiapkan oleh masing masing Satker PJN/PPK masing masing paket tersebut, yang mana oleh Pokja Pemilihan BP2JK hanya melakukan tender formalitas.

Personil manejerial terhadap kelima paket tersebut hanya sebagai formalitas seperti Manajer Teknik, Ahli K3 Konstruksi dan Manajer Keuangan di download dengan itu itu juga orangnya terhadap kelima paket yang dilaksanakan tender dalam waktu bersamaan dari awal Mei hingga akhir Juli 2023, dan bahkan informasi diperoleh HR bahwa dari sebagian tenaga ahli/SKA/SKK yang diajukan atau ditawarkan terhadap ke lima paket tersebut, juga diduga sedang bekerja pada pakel lainnya yang masih sampai saat ini dikerjakan yakni tahun 2022-2023 seperti paket Preservasi Jalan Kamal – Bangkalan Kota Sampang senilai Rp 177.985.454.000,00 dimulai kerja awal Juli 2022/Satker PJN W Jatim
Sehingga sesuai informasi HR dan kuat dugaan, bahwa dukungan personil manejerial yang ditawarkan PT Cahaya Indah Madya Pratama (PT CIMP) dinilai selain overlapping terhadap kelima paket tersebut, juga keabsahannya diragukan alias ditukang tukangi SKA/SKK
Khusus personil manajerial yang ditawarkan terhadap kelima paket tersebut sepeti disebut diatas, diragukan keabsahannya, yang mana melakukan rental personil sebagian untuk (manajer pelaksana/proyek, manajer teknik, dan sebagai asumsi dengan rata rata satu paket membutuhkan daftar personil (manajer pelaksanaan/proyek, manajer teknik 1, 2, ahli K3 konstruksi, manajer keuangan dan lainnya sesuai kebutuhan), ada sekitar 7 sampai 8 personil inti dan bila dikalikan dengan lima paket oleh dimenangkan PT CIMP dan tentu sudah mencapai lebih 35 orang tenaga ahli yang memiliki SKA/SKK sehingga kuat dugaan bahwa personil manajerial yang diajukan atau ditawarkan PT CIMP bias diragukan.

Berdasarkan penelusuran HR, tenaga ahli dengan memiliki SKA/SKK oleh milik sendiri PT CIMP tidak mencukupi dan juga tidak memenuhi persyaratan antara lain : H Dhata Wijaya ST , Tetty Sri WidayatiM ST (AL604 – Ahli Sistem Manajemen Mutu), Joko Haryanto ST sebagai Ahli Manajemen Proyek, Bayu hari Setiawan, ST sebagai Ahli Teknik Mekanikal (AM301) Manajerial.

Namun, terhadap kelima paket yang diraih oleh PT. CIMP diduga oleh Pokja Pemilihan BP2JK Jawa Timur tidak melakukan evaluasi atau klarifikasi terhadap peserta pemenang PT CIMP, sebab PT CIMP ini adalah diduga bawaan dan hasil konspirasi antara pihak tertentu dari Satker PJN/PPK -BBPJN Jawa Timur dengan pihak tertentu dari Pokja Pemilihan BP2JK, seperti dinilai setali tiga uang?

Hal yang sama untuk dukungan peralatan utama diduga tidak memenuhi persyaratan dan sudah juga sedang terkontrak pada paket lain, sehingga dukungan peralatan utama yang hanya didalam dokumen pemilihan terkesan memenuhi persyaratan, yang kemudian faktanya di lapangan bahwa dukungan secara fisik diduga hanya itu itu seperti AMP dan lainnya.

Kemudian, bahwa kelima paket yang dikerjakan oleh PT CIMP dinilai tender monopoli yang jatuh kepada rekanan binaan di lingkungan BBPJN Jawa Timur, dimana yang melakukan proses tender oleh BP2JK hanya tender formalitas, yang kemudian dari sebelum pemasukan dokumen telah diasitensi atau diintervensi dari pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran/pejabat pembuat komitmen (PA/KPA/PPK BBPJN Jawa Timur.

Sebab, perusahan PT CIMP ini adalah yang merupakan rekanan terten/binaan dan buktinya PT CIMP ini setiap tahun mendapatkan paket dilingkungan BBPJN sehingga senilai bahwa pekerjaan PT CIMP selama ini sangat bagus termasuk setoran fee ke pihak pihak tertentu di lingkungan BBPJN Jawa Timur?

Paket yang diperoleh PT CIMP dari tahun ke tahun, antara lain tahun 2022 : Paket Preservasi Jalan Kamal – Bangkalan Kota Sampang Tahun 2022 Rp 177.985.454.000,00/Satekr PJN W III Jatim dan Preservasi Jalan dan Jembatan Mantingan Ngawi- Maospati-Madiun-Caruban Rp 40.796.763.000,00/Satker PJN W II Jatim
Tahun 2021 yakni Paket Preservasi Jalan Temangkar – Pakah-BTS .Kota Tuban Rp 53.821.502.000,00/Satekr PJN W IV Jatim, Paket Preservasi Jalan Babat-Lamongan-Gresik Rp 195.240.413.000,00/Satker PJN W IV Jatim dan Paket Pembangunan Jalan Lingkar Tuban Rp 49.116.092.000,00/Satker PJN Wilayah IV Jatim.

Pekerjaan Tak Sesuai Spek?
Paket tahun 2022 yang sampai tahun ini masih dikerjakan (2022-20023-2024/multiyear) yakni Preservasi Jalan Kamal – Bangkalan Kota Sampang Tahun 2022 Rp 177.985.454.000 dan itu sesuai informasi diperoleh HR diduga dikerjakan tidak sesuai spek.

Kemudian, pekerjaan PT Cahaya Indah Madya Pratama dengan KSO PT. Puteri Kedaton dikerjakan juga amburadul atau asal-asalan dan diduga tidak sesuai spek .
Yakni salah satunya adalah bahan yang digunakan terbuat dari tanah basah sehingga pengerjaan tidak sesuai SOP dan itu juga dikeluhkan beberapa warga setempat yang melintasi proyek tersebut, yakni terletak di Desa Rosep, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan
Proyek nasional yang bersumber APBN Kementerian PUPR Ditjen Bina Marga–BBPJN Jawa Timur sangat disayangkan dengan melakukan tidak memadai yakni bahan dengan menggunakan tanah basah, yang mana menimbulkan bahaya bagi masyarakat yang ada melintasi jalan raya, karena tanahnya becek dan licin.

Selain itu, juga pasang tanah yang berbahan basah itu mengakibatkan tidak padat, sebab diduga tidak ada campuran seperti bahan dari batu koral atau tidak memadai.

Dengan pekerjaan amburadul paket 2022 pada Preservasi Jalan Kamal – Bangkalan Kota Sampang senilai Rp 177.985.454.000 yang sampai saat ini masih tahap pekerjaan, lalu tahun 2023 ini dalam tender yang didapat lima paket oleh PT Cahaya Indah Madya Pratama, yang mana dalam pekerjaannya apakah mengalami pekerjaan seperti Preservasi Jalan Kamal – Bangkalan Kota Sampang yakni tidak profesional kah atau turut serta mengurangi spek?

Sementara, Sekretaris Umum LSM Masyarakat Peduli Hukum dan Pembangunan (MPHP), Jonny Tumanggor SH kepada HR berharap paket yang dimenangkan PT Cahaya Indah Madya Pratama dan termasuk yang sudah dikerjakan dari tahun 2022 itu, diminta diusut lembaga aparat terkait, termasuk pihak Inspektorat Jenderal PUPR dan atau Kejaksaan Agung RI, diminta turun mengawasi dan atau segera meninjau ulang pemenang sampai lima paket dalam waktu bersamaan, atau selisihnya sekitar lima bulan itu dan menindak tegas yang bermain dalam paket proyek tersebut.

“Diperiksa atau bila perlu dibuka dokumen pemenang, apakah benar-benar sesuai dokumen yang diajukan,” kata Johnny Tumanggor kepada HR.

“Maaf bukan mengukur kekurangan SDM dan dukungan peralatan, namun bisa diukur dengan lima paket dengan dukungan personil yang seharusnya beda-beda diajukan penyedia jasa setiap per paket, artinya satu paket dengan paket lainnya harus beda personil dan itu pun tidak boleh sedang bekerja atau terkontrak pada paket lainnya, apalagi saat ini sangat sulit mencari tenaga ahli yang sudah SKA/SKK.

“Makanya, disini bila perlu transparan soal dokumen pemilihan, memiliki dukungan personil dan maupun peralatan diduga minim hingga hal itu dilakukan cara rental atau pinjaman, “ ujar Johnny.

Surat kabar Harapan Rakyat (HR) dan www.harapanrakyatonlne.com telah mengajukan konfirmasi dan klarifikasi dengan No. 080/HR/X/2023 tanggal 30 Oktober 2023 disampaikan kepada kepala Balai Pelaksanaan Pemilihan Jasa Konstruksi Wilayah Jawa Timur
Dan juga surat konfirmasi HR disampaikan kepada Kepala BBPJN VIII (Jawa Timur –Bali) dengan nomor 079/HR/X/2023 Tanggal 30 Oktober 2023.

Kepala Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) Wilayah Jawa Timur, Ir Agus Kurniawan dengan surat jawaban ke HR, No. : PA.01060-Kb 25/398 tanggal 13 Nopember 2023.

Agus Kurniawan menyatakan, BP2JK Wilayah Jawa Timur berkomitmen dan aktif dalam upaya pencegahan tindak korupsi serta menerapkan SNI ISO 37001 : 2016 sistem manajemen anti penyuapan
Berdasarkan Pasal 69 ayat (1) Perpres No 16/2018 junto Perpres No.12/ 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dilakukan secara elektronik (SPSE) dan sistem informasi yang dari sistem pendukung, sehingga semua proses paket pekerjaan dilingkungan BP2JK Jawa Timur dilaksanakan secara transparan dan akuntabel.

Paket pekerjaan Peningkatan Jalan Juwetkenongo -Krembung (1), paket pekerjaan Peningkatan Jalan Juwetkenogo-Krembang (2) dan Peningkatan Jalan Kingkar Timur Lumajang merupakan paket yang didanai oleh APBN sehingga pelaksanaan tender mengacu pada ketentuan yakni Perpres No 16/2018 junto Perpres No. 12/2021 dan Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah RI No. 12/2021 tentang pedoman pelaksanaan pengadaan barang/Jasa Pemerintah sebagai Penyedia dan dokumen pemilihan masing masing paket tersebut.

Kemudian, kata Agus Kurniawan, paket pekerjaan Pelebaran Jalan Menuju Standar (Ruas 062 Turen – Bts Kab. Lumajang) 1 dan paket Pekerjaan Pelebaran Jalan Menuju Standar (Ruas 062 Turen – Bts Kab. Lumajang) II merupakan paket pekerjaan yang didanai oleh Word Bank dalam program Indonesia Tourism Development Project (ITDP) sehingga dalam proses melaksanakan tender mengacu pada ketentuan yakni Loan Agreement For Loan 8861-ID (closing package) dan Perpres No. 54/2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang diharmonisasi dengan panduan pengadaan Bank Dunia
“Dokumen pemilihan untuk kedua paket tersebut berdasarkan Surat Direktur Pengadaan Jasa Konstruksi Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR No. PB 0201-Kj/858 tanggal 21 Juni 2022 perihal Penyampaian Harmonisasi Standar Dokumen Pengadaan untuk paket pekerjaan yang didanai oleh World Bank” ujar Agus Kurniawan, yang kemudian oleh HR pengecekan Surat Direktur Pengadaan Jasa Konstruksi yang dimaksud tidak ditemukan No. PB 0201-Kj/858 tanggal 21 Juni 2022 tersebut.

“Pokja Pemilihan pada masing masing paket telah melakukan evaluasi sesuai dengan ketentuan sebagaimana yang telah disebutkan diatas, maka berdasarkan dokumen pemilihan Bab III. IKP Pasal 32.4 (APBN) dan Bab V. Lembar Data Kualifikasi (Loan), Pokja pemilihan telah melakukan pengecekan/klarifikasi personil dan peralatan (termasuk pada paket Preservasi Jalan Kamal – Bangkalan – Kota Sampang) sebelum dilakukan penetapan pemenang dengan hasil tidak ada personil dan peralatan yang terikat kontrak/overlapping sehingga penetapan pemenang dapat dilakukan” ujar Agus Kurniawan dengan tanpa menyebutkan nama nama personil manajerial terhadap ke lima paket yang dimenangkan PT kepada HR.

Sesuai dengan dokumen pemilihan baik dengan sumber APBN/LOAN, “Pokja pemilihan melakukan evaluasi terhadap Dokumen Pemilihan yang disampaikan peserta tender termasuk personil/manajerial yang ditawarkan pada masing masing paket bukan terhadap tenaga tetap yang dimiliki oleh suatu perusahaan sebagai peserta tender,” ujar Agus Kurniawan kepada HR

“Pokja pemilihan tidak melakukan evaluasi terhadap kinerja penyedia jasa yang sedang berjalan atau telah selesai kontrak karena bukan merupakan kriteria yang disyaratkan dalam dokumen pemilihan” ujar mantan Kabalai P2JK Sumatera Utara ini dengan melempar pertanyaan HR soal kinerja pekerjaan ke BPPJN Jawa Timur .

Sehingga oleh HR juga menunggu jawaban dari kepala BBPJN Jawa Timur atas surat konfirmasi HR nomor 079/HR/X/2023 Tanggal 30 Oktober 2023, dan juga disampaikan tembusan ke penyedia jasa PT Cahaya Indah Madya Pratama yang berkantor di Jl. Raya Sugio – Dampit No. 02 Lamongan – Jawa Timur, namun sampai berita ini naik tidak ada ditanggapi baik dari Kabalai maupun Satker atau PPK. tim

Tinggalkan Balasan