Perkiraan Cuaca Membantu Kegiatan Usaha

Perkiraan Cuaca Membantu Kegiatan Usaha.

MUARA TEWEH, HR – Cuaca adalah sesuatu yang sangat penting buat dunia pelayaran dan penerbangan, bahkan para petani juga sangat membutuhkan perkiraan cuaca untuk nantinya mereka dapat merencanakan penanaman awal agar mendapatkan hasil panen sesuai yang diharapkan Rabu, (09/06/2021).

Kepala BMKG stasiun meteorologi Beringin Barito Utara, Sudarmono menjelaskan, “Bahwa musim kemarau untuk Kalimantan Tengah khususnya Kab Barito Utara akan dimulai dari awal Juli sampai dengan akhir Juli 2021, sementara untuk musim penghujan sudah dimulai sejak bulan-bulan sebelumnya,” kata Sudarmono.

Sudarmono mengingatkan bahwa apa yang terjadi pad bulan-bulan sebelumnya dimana adanya peningkatan permukaan air sungai itu disebabkan adanya Lalina ringan. “Lalina ringan disebabkan oleh tingginya curah hujan, sementara tingginya curah hujan itu terjadi karena tingginya penguapan permukaan air laut yang memicu terjadinya gumpalan awan yang akhirnya menjadi hujan,” ungkap Sudarmono.

Untuk bunyi petir yang sering terjadi saut menyaut dan diiringi hujan gerimis diharapkan warga jangan terlalu khawatir. “Memang disaat musim peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau atau sebaliknya bunyi petir dipastikan akan selalu ada,” kata Sudarmono.

Loading...

Untuk yang bekerja ataupun membuka ladang dimusim kemarau agar jangan dengan cara membakar untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan. mps

Tinggalkan Balasan