Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2024

oleh -160 views
oleh

SUKABUMI, HRWakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menjadi inspektur upacara pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2024 yang diselenggarakan di lapangan cangehgar palabuhanratu, Sabtu (1/6/24).

Upacara dihadiri oleh Forkompimda Kab. Sukabumi, Plh. Sekretaris Daerah Kab. Sukabumi, para kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Sukabumi serta undangan lainnya.

Pada peringatan Harlah Pancasila Tahun 2024, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia mengangkat tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.”

Pada kesempatan tersebut, wabup membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia yang mengatakan bahwa sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,”terangnya

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini,Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,”ungkapnya

Oleh karena itu, Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. “Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,”jelasnya.ida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *