Paling Laris Migrasi ke TV Digital Set Top Box Hingga TV Digital Jadi Produk Incaran

oleh -56 views

JAKARTA, HR – Pemerintah telah suntik mati siaran TV analog untuk migrasi ke siaran TV digital. Hal ini membuat masyarakat berbondong-bondong membeli Set Top Box (STB) dan TV Digital untuk dipasang di TV analog agar bisa menangkap sinyal digital.

“Kami juga melihat jumlah transaksi produk TV Digital meningkat lebih dari 2,5 kali lipat selama satu tahun terakhir, dibanding tahun sebelumnya,” kata Ekhel.

Salah satu toko elektronik di Jakarta Utara kebanjiran pelanggan yang membeli set top box hingga stok habis. Hal itu diungkap oleh pengunjung bernama Wiji.

“Benar di toko eletronik set top box pada kehabisan, banyak yang cari. Masyarakat banyak yang marah-marah TV mereka tiba-tiba mati nggak ada saluran,” kata Wij, Senin (7/11/2022).

Tak hanya menjadi susah dicari, harga set top box juga jadi melonjak di pasaran. Wiji menyebut harga perangkat elektronik itu yang sebelumnya Rp 150 ribu menjadi Rp 200 ribu.

“Gara-gara digitalisasi televisi, toko elektronik kehabisan kabel dan antena TV. Harga set top box juga naik yang standar Rp 150 ribu jadi Rp 200 ribu,” imbuhnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebelumnya memberlakukan kebijakan migrasi dari TV analog ke TV digital atau analog switch off (ASO) di 222 titik, termasuk Jabodetabek. Penerapannya akan diperluas secara bertahap hingga 514 titik.

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan penerapan ASO ini sesuai dengan Undang-Undang Cipta Keja. “Ini merupakan amanat dari UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, yang di dalamnya disebutkan migrasi televisi terestrial diselesaikan paling lambat 2 November 2022 atau beberapa menit yang lalu,” ujar Mahfud MD melalui siaran YouTube Kominfo, Kamis (3/11/2022).

Sejalan dengan penerapan migrasi siaran televisi, pemerintah mulai mendistribusikan STB untuk rumah tangga miskin secara nasional. STB disalurkan sejumlah 1.055.360 unit. Bagi rumah tangga miskin yang belum mendapat bantuan hingga Rabu pekan lalu, Kominfo memastikan telah membuka posko aduan.

Loading...

Masyarakat rumah tangga miskin yang belum mendapat set top box gratis sebelumnya telah mengajukan bantuan STB secara mandiri melalui situsweb cekbantuanstb.kominfo.go.id. red

Tinggalkan Balasan