Koramil 21 Panongan Dampingi Kelompok Tani

oleh -219 views
Kapten Inf Robianto Mokoagow
TANGERANG, HR – Jajaran Koramil 21 Panongan dibawah pimpinan Kapten Inf Robianto Mokoagow dalam tiga bulan melakukan pendampingan pertanian pada Kelompok Tani (Poktan) RT Apok Desa Rancaiyuh. Bersama Camat, Danramil dan Kaposek Panongan dan Kades Rancaiyuh Kabupaten Tangerang, Banten bersama-sama melakukan Panen Raya, Kamis (3/9/15) lalu.
Menurut Pelda Misbach selaku Bintara Tinggi Urusan Dinas, pimpinannya Robianto Mokoagow dan seluruh aparat Koramil 21 Panongan telah berhasil menyukseskan pendampingan swasembada pangan panen sawah tadah hujan.
Ini sesuai harapan Presiden Jokowi selama 3 tahun sejak Januari 2015, sesuai Master of Understanding (MoU) Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dan Kepala Staf TNI Gatot Nurmantyo di hadapan seluruh Panglima TNI tentang program itu.
“Kelompok Petani RT Apok Desa Rancaiyuh dengan Lurah Sugiono, telah mendapat pendampingan Koramil 21, selain mendapat penyuluhan Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Curug di bawah Pimpinan Haji Agus. Poktan RT Apok menanam bibit padi Ciherang di tanah PT Millenium seluas 1 hektar berlokasi di RT 1/RW 1 dengan memanfaatkan sumber air Cimanceuri di musim kemarau,” papar Misbach.
Lebih jauh disebutnya, berdasar hasil ubinan (estimasi produksi) sampel pertanian diharapkan mendapatkan hasil maksimal meskipun kondisi tanah sedang kurang air. Namun kedepan, pengadaan mesin penyedot air Sungai Cimanceuri untuk pengairan sawah dipastikan dapat meningkatkan hasil pertanian pada masa berikutnya.
“Selain penyuluhan dan pendampingan pada petani, kami sedang siapkan untuk pengadaan peralatan kerja, penyedot air alkon, fasilitas traktor, subsidi pupuk, pengadaan bibit, dan pemasaran hasil pertanian pada Bulog demi untuk menyukseskan swasembada pangan,” terangnya. ■ titing

Tinggalkan Balasan