Komunitas di Pinang Griya Dari Hutan Kota jadi Hutan Pendidikan

oleh -169 views
TANGERANG, HR – Komunitas Tim Hutan Kota ini merupakan sekelompok Orang yang berasal dari warga Perumahan Pinang Griya Rw 05 dan Rw 06 Kelurahan Pinang, Kota Tangerang. Warga yang peduli atas keberlangsungan dari hutan kota berada di Perumahan Pinang Griya Kelurahan Pinang Kecamatan Pinang Kota Tangerang.
Komunitas ini jugalah yang menjadikan lahan dengan luas sekitar 2.500 M disulap menjadi sebuah tempat rekreasi untuk warga Perumahan Pinang Griya. Terbentuknya dari hutan kota Pinang Griya ini yang juga sebagai pailot project konsep hutan di perkotaan.
Menurut Ida Meutia selaku Ketua RW 06 yang juga salah satu penggagas hutan kota ini menceritakan, awalnya bermula dari mirisnya melihat fenomena–fenomena yang terjadi pada kondisi hutan–hutan di Indonesia. Banyak dijumpa adanya hutan yang rusak seperti pembalakan liar, pembakaran hutan, mengakibatkan ketimpangan terhadapa ekosistem hutan itu sendiri menjadi terganggu.
Ditambahkan Ida, hutan kota ini dibangun oleh PT Bank Mandiri melalui program CSR yang merupakan keuntungan dari perusahaan yang diperuntukkan untuk masyarakat, pada 13 Maret 2014 diserahkan kepada pemerintah kota Tangerang. “Juga dibuat beberapa mainan seperti ayunan, perosotan untuk menunjang fasilitas dari hutan kota itu sendiri,” pungkasnya kepada HR.
Komunitas tim hutan kota Pinang Griya ini berisikan para warga Perumahan Pinang Griya yang berasal dari dua RW yaitu RW 06 dan RW 05.
Ida berharap Hutan Kota ini kalau bisa Hutan Kota Pinang Griya ini dapat menjadi suatu icon di Kota Tangerang agar semua wilayah perumahan menengah kebawah harus mempunyai hutan ditengah kota seperti di Pinang Griya ini.
Di tempat terpisah, Ketua Komunitas Tim Hutan Kota Pinang Griya saat ini Bambang Utomo, merupakan warga dari RW 05 Perumahan Pinang Griya menceritakan, berawal dari medapatkan bantuan dari Bank Mandiri dalam bentuk Coorporate Social Responsibility (CSR) yang dikemas dalam Program Mandiri lingkungan ini, merupakan sebuah tantangan bagi kami pada saat itu.
Ditambahkan lagi, Komunitas Tim Hutan Kota berencana ingin membuat hutan pendidikan dengan membuat Panggung bacaan atau rumah bacaan untuk anak, dengan konsep hutan edukasi untuk anak–anak. andre e

Tinggalkan Balasan