Kabupaten Majalengka Raih Penghargaan “Awarding Creative Cities of West Java”

oleh -190 views

MAJALENGKA, HR – Kabupaten Majalengka menjadi salah satu daerah yang mendapat penghargaan di ajang Awarding Creative Cities of West Java yang merupakan rangkaian acara International Conference on Creative Economy.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Bupati Majalengka DR.H.Karna Sobahi, M.MPd, di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (02/05).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, dalam ajang tersebut Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat melakukan penilaian kepada 27 kabupaten/kota paling kreatif se-Jabar.

Hasilnya 13 daerah terpilih, salah satunya Kabupaten Majalengka sebagai daerah tertinggi indeks kreativitasnya yang mewujud pada nilai ekonomi masyarakat. Selain Majalengka, ke-12 daerah tersebut antara lain, Kabupaten Garut, Sumedang, Subang, Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Tasikmalaya, Kota Cirebon, Kota Bekasi dan Kota Bogor.

“Ke-13 daerah ini akan mendapatkan prioritas bantuan anggaran dari Pemdaprov Jabar. Silahkan para kepala daerah penerima penghargaan untuk mengajukan bantuan terkait peningkatan ekonomi kreatif,” katanya.

Menurut Emil, ke-13 daerah ini akan mendapatkan prioritas anggaran dari Pemprov Jabar silakan ajukan mau apa terkait peningkatan ekonomi kreatif, karena letupan energinya sudah ada. Ke-13 daerah ini sudah banyak aktivitas publik ekonomi kreatifnya. Untuk itu Pemdaprov Jabar juga akan memprioritaskan untuk membangun gedung creative center.

“Tentunya juga diprioritaskan mendapat gedung creative center tinggal lahannya tolong disiapkan minimal 3.000 meter memadai nanti kita bangunkan dari dana provinsi,” papar dia.

Emil meminta gedung creative center tersebut nantinya diramaikan oleh aktivitas kreatif anak muda. Gedung kreatif center itu nanti harus diramaikan untuk kegiatan kreatif anak-anak muda misalnya melatih skill yang bernilai ekonomi.

Dirinya juga berpesan bahwa setiap daerah harus mempunyai minimal tiga identitas ekonomi kreatif yang menjadi unggulan.

“Misalnya animasi di Kota Cimahi, bambu di Garut dan lainnya. Jenis ekonomi kreatif itu seperti desain, arsitektur, televisi dan film, animasi, kuliner, musik, seni budaya dan masih banyak lagi,” jelas Emil.

Bupati Majalengka Karna Sobahi mengucapkan rasa syukurnya atas penghargaan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan akan menjadikan pemacu untuk mendorong Majalengka sebagai kabupaten kreatif berbasis kearifan lokal yang siap mewujudkan visi-misi Majalengka Raharja.

“Alhamdulillah, Pemkab Majalengka kembali mendapat penghargaan dari Pemprov Jawa Barat  sebagai salah satu kabupaten kreatif dari 13 Kabupaten/Kota di Jawa Barat,” katanya.

Loading...

Bupati Karna juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kerja bersamanya. Semoga ‘Majalengka Raharja’ segera terwujud. lintong situmorang

Tinggalkan Balasan