H. Iyos: Bubos, Representasi Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh Menuju Jabar Juara Lahir Batin

H. Iyos: Bubos, Representasi Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh Menuju Jabar Juara Lahir Batin.

SUKABUMI, HR – Sebelumnya, Bubos adalah Buka Bersama On The Street setelah diterapkan adaptasi kebiasaan baru karena Pandemi, kegiatan tersebut bertransformasi menjadi Buka Bersama On The Screen. Di Kabupaten Sukabumi, Bubos 5 Tingkat Jawa Barat dilaksanakan di Pendopo dan dihadiri Wakil Bupati H. Iyos Somantri, Sabtu (24/04/21).

Bubos tahun ini bertepatan dengan puncak peringatan ke-66 Konferensi Asia Afrika yang jatuh pada 24 April 2021. Bubos 2021 dilakukan secara daring dan luring (hibrid) melibatkan 100.000 orang yang berasal dari 1.000 Perangkat Daerah, baik Pemprov, Pemkab, maupun Pemkot, Jabar Bergerak dan Pramuka.

Selain itu, acara kolosal ini diikuti 27.000 pegiat Rantang Cinta, 50.000 pegiat Rantang Siswa, komunitas  Viking Persib Club dan “driver online”, 50 keluarga di Kompleks Bataru (Bakti Padamu Guru), serta elemen masyarakat lain.

Mengusung tema “Raih Cinta Allah dengan Cinta Sesama” dengan penyelenggaraan utama di Gedung Pakuan Bandung, sedangkan untuk Kabupaten/Kota dipusatkan di Pendopo atau Balai Kota.

Menurut Wakil Bupati, Bubos yang diselenggarakan oleh Pemprov Jawa Barat ini sebagai bentuk tali silaturahmi antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kab/Kota se-Jawa Barat sesuai dengan motto Jabar Silih Asah, Silih  Asih, Silih Asuh menuju Jabar Juara Lahir Batin.

Pada acara ini juga dilaksanakan Lounching Cinta Zakat Kab Sukabumi, Program Cinta Zakat merupakan ajakan Pemkab Sukabumi bersama Baznas kepada masyarakat. Khususnya, untuk menyisihkan sebagian penghasilannya dan menyalurkan melalui Baznas Kabupaten Sukabumi. “Zakat itu sarana sangat baik untuk berbagi. Lewat gerakan cinta zakat ini, ASN menyalurkan Zakat 2,5 % dari penghasilannya, kami ingin memberikan contoh agar masyarakat ikut berzakat ke Baznas, semua akan dikelola oleh BAZ Kabupaten Sukabumi untuk disalurkan kepada yang berhak menerimanya,” ungkap Wabup.

Dalam kesempatan tersebut, H. Iyos menyerahkan  bantuan dari Baznas Kabupaten Sukabumi antara lain 10 ribu paket beras, 50 pembangunan rutilahu, 60 beasiswa bagi mahasiswa binaan Baznas Kabupaten Sukabumi, 819 imam masjid, 12.842 guru MDTA, dan BPJS Kesehatan bagi guru ngaji serta masyarakat.

Loading...

Acara di akhiri dengan Tausyiah yang disampaikan oleh Ketua MUI Kabupaten Sukabumi KH. DR. Oman Komarudin. ida

Tinggalkan Balasan