Dua Universitas Kunjungi Bea Cukai Tanjung Priok

oleh -255 views
JAKARTA, HR – Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok mendapat kunjungan dari 2 Universitas sekaligus, Universitas Padjajaran dan Universitas Widyatama, Kamis 28 Mei 2015. Jika mahasiswa Unpad terdiri dari Fakultas Perpajakan, mahasiswa Widyatama merupakan mahasiswa Fakultas Teknik.
Acara kunjungan dikemas secara menarik dan menghibur dengan duo MC, Nyoman dan Permana. Sebelum memasuki acara inti, para perwakilan mahasiswa dari masing–masing Universitas ditunjuk untuk menyampaikan sedikit opini mengenai bea cukai.
“Beacukai adalah pintu masuk perdagangan Internasional di Indonesia,” ungkap perwakilan Unpad. Dari Universitas Widyatama tak kalah opininya, yakni Bea Cukai bertugas memungut pajak dan mengecek barang-barang ekspor impor.
Acara selanjutnya adalah sambutan dari Kepala Kantor KPU, Fadjar Donny, menjelasakan, para mahasiswa harus bisa membedakan antara import procedure dengan customs procedure.
“Sebelum melakukan kegiatan importasi ada penelitian dokumen dan yang memberi approval barang masuk terdiri dari banyak goverment agency, misalnya senjata api harus mengantongi ijin Polri,” tambahnya.
Terkait dengan Target Penerimaan Bea Cukai Tanjung Priok, Fadjar mengungkapkan, bahwa target penerimaan Bea Masuk Rp 18.355 triliun, hampir 50% target Bea Masuk nasional dibebankan ke KPU Tanjung Priok. Terakhir ia berpesan agar kerjasama ini tetap terjalin, saling bertukar informasi dan selalu bersinergi.
Dosen Universitas Widyatama Iwan Rijayana menyampaikan, bahwa rombongan kunjungan industri ini terdiri dari dosen, karyawan, dan mahasiswa. Ia juga menyampaikan tujuan utama kunjungan ke Tanjung Priok adalah sesuai dengan program mata kuliah Kewirausahaan, yakni analisis proses bisnis.
Para mahasiswa diajak untuk sedikit serius mendalami ilmu kepabeanan yang disampaikan oleh Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan III, Ali Winoto. Ia menyampaikan beberapa pengetahuan umum mengenai proses kepabeanan secara umum di Bea Cukai.
Setelah disuguhkan materi yang cukup serius, para mahasiswa dikejutkan oleh penampilan dari tim Customs Enforcement Team (SET) dan tim K-9. Seperti biasa CET dan K-9 berkolaborasi untuk mengilustrasikan penangkapan oknum penyelundup narkoba.
Terakhir para rombongan mahasiswa diajak berkeliling pelabuhan, melihat sarana dan prasarana yang dimiliki Bea Cukai untuk menunjang kegiatan kepabeanan, seperti Hico Scan X Ray dan Gamma Ray. ■ krisman

Tinggalkan Balasan