Car Terminal Targetkan Lahan Penumpukan Mobil 21,5 Ha Tahun 2022

oleh -169 views
JAKARTA, HR – PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT)-anak usaha Pelindo II/IPC yang mengelola dan operasikan fasilitas terminal khusus mobil atau car terminal di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menargetkan perluasan lahan penumpukan menjadi 21,5 Ha hingga tahun 2022.
Dirut IKT/IPC Car Terminal, Armen Amir mengatakan, saat ini IKT sudah mengoperasikan lahan penumpukan seluas 23 Ha dengan kapasitas tampung 750 ribu unit kendaraan setiap tahunnya.
“Targetnya hingga lima tahun mendatang luas lahan penumpukan di IKT bisa mencapai 21,5 Ha. Saat ini terminal kami juga melayani operasional domestik dan internasional untuk kegiatan pengapalan kendaraan niaga maupun alat berat,sparepart dan sejenisnya,” ujarnya saat acara Halal Bihalal PT IKT di Jakarta, Rabu (20-7-2016).
Hadir pada kesempatan tersebut al; kalangan pelaku usaha dan mitra bisnis IKT, asosiasi terkait dipelabuhan Priok yakni Indonesia National Shipowners Association (INSA) Jaya, Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) DKI Jakarta dan Angkutan Khusus Pelabuhan Organda DKI Jakarta.
Armen menyebutkan, hingga saat ini karakteristik kegiatan distribusi produk otomotif sebanyak 39%-nya dilakukan melalui jalur transportasi laut. Dalam kesempatan acara itu selain dilakukan santunan kepada puluhan anak yatim disekitar pelabuhan Priok serta dilakukan penandatangangan kerjasama (MoU) antara PT IKT dengan PT Serasi Shipping Indonesia, PT Garasindo Automobile dan PT Admiral Line.
MoU tersebut berkaitan dengan kerjasama pelayanan terminal dan menyiediakan lahan port stock di IKT, seta penetapan tarif pelayanan terminal cargo empty can. Armen mengatakan, produktifitas IKT saat ini sudah mampu melayani bongkar muat 150 unit kendaraan/jam.
Dengan total aset mencapai Rp165 milliar saat ini,kata dia, IKT juga sudah melakukan inovasi terkait layanan trucking secara elektronik/online atau mobile truck announcment (MTA) bekerjasama dengan PT. Integrasi Logistk Cipta Solusi (ILCS)-yang juga merupakan anak usaha yang didirikan oleh Pelindo II/IPC dan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom).
Armen mengatajan, mobile truck announcement (MTA) menjadi solusi layanan trucking yang didesain untuk pengelolaan planning operasional terminal.
Dirut ILCS, Yusron Hariyadi mengatakan, aplikasi mobile ini berfungsi sebagai aplikasi pendukung Car Terminal Operating System (CarTOS) , dan merupakan aplikasi yang pertama kalinya digunakan oleh trucking company dan truck driver yang akan berkunjung ke PT Indonesia kendaraan Terminal (IKT), di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. krisman/velly


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan