Anak Krakatau Erupsi Status Waspada Terdengar Suara Dentuman Misterius

oleh -518 views
Anak Krakatau Erupsi Status Waspada Terdengar Suara Dentuman Misterius.

JAKARTA, HR – Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial yang tinggal di Jakarta, Depok hingga Jawa Barat, dihebohkan dengan suara dentuman keras yang terjadi pada Sabtu (11/4/2020) dini hari tadi.

Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi pada hari Jumat (10/4/2020) sekitar pukul 22.35 WIB. Berdasar pantauan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), tinggi abu vulkanik sekitar 657 meter di atas permukaan laut. Sementara itu, menurut PVMBG, erupsi masih terjadi hingga Sabtu pagi (11/4/2020). “Dari pantauan PVMBG, terlihat bahwa letusan terus berlangsung sampai Sabtu (11/4/2020) pagi pada pukul 05.44 WIB,” ujar Kapusdatinkom BNPB Agus Wibowo melalui keterangan tertulis, Sabtu.

Banyak dari nitizen mengklaim bahwa dentuman tersebut berasal dari letusan Gunung Anak Krakatau. Selain itu, mereka juga meminta agar warganet lainnya berdoa dan tetap aman.

Sementara itu, Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan melaporkan kondisi terkini di Kecamatan Rajabasa. “Sampai pagi ini belum ada laporan kerusakan. Petugas BPBD dan aparat setempat akan terus memantau dan melaporkannya,” ujar Agus.

Suara dentuman aneh saat erupsi Sementara itu, PVMBG juga menjelaskan suara dentuman yang menjadi viral di media sosial, bukanlah dari erupsi Gunung Anak Krakatau. Dirinya juga menjelaskan, tipe erupsi yang terjadi pada Jumat malam bukan letusan eksplosif dan hanya semburan. “Biasanya dalam jarak dua kilometer, kedengaran hanya suara desis saja,” ujar Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Hendra Gunawan saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (11/4/2020).

“Saya sudah konfirmasi petugas pos pengamatan, mereka tidak mendengar karena letusannya juga kecil,” tambahnya.

Loading...

Seperti diketahui, warganet sempat ramai dibahas suara dentuman yang diduga ada hubungannya dengan erupsi gunung yang terletang di Selat Sunda tersebut. “Iya jam 2 tadi, lagi begadang nonton film. Nah, kedengaran suara gitu, saya kira dari tadi geluduk, mau hujan. Ternyata info teman, Krakatau meletus,” ujar Vina warga Cilebut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu. Sementaraitu, dilansir dari Antara PVMBG menjelaskan tingkat aktivitas gunung yang terletak di Selat Sunda itu berada pada level II atau waspada. PVMBG mengimbau masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius dua kilometer dari kawah. tim

Tinggalkan Balasan