Wacana Pembangunan Museum dan Pengangkatan Kerangka Kapal Onrust

oleh -51 views
Wacana Pembangunan Museum dan pengangkatan kerangka kapal Onrust.

MUARA TEWEH, HR – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah didampingi oleh Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra SH mengunjungi kerangka bangkai kapal Onrust milik Belanda yang ditenggelamkan pada perang Barito pada tanggal 26 Desember 1859 silam di Lalutung Tour sebelah selatan, sekitar 2.2 Km dari Kota Muara Teweh, tepatnya 00.56 derajat 57.4 detik lintang selatan dan 144.52 derajat 32.7 detik bujur timur.

Dalam rombongan turut serta Sekda Barito Utara Ir H Jainal Abidin, unsur FKPD dan Kepala perangkat daerah, Rabu (02/10/2019). H Nadalsyah beserta rombongan yang berjumlah 52 orang mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dalam membela Bangsa dan Negara pada umumnya dan pejuang Barito Utara khususnya.

“Saya atas nama Pemerinyah Barito Utara memberikan penghargaan kepada pahlawan yang telah berjasa mengorbankan jiwa đan raga dalam memperjuangkan kemerdekaan,” ungkap Bupati yang dilanjutkan dengan renungan suci dengan diikuti seluruh rombongan.

“Dari kunjungan ini kita terinspirasi untuk membuat museum dan akan mempelajari bagaimana cara mengangkat kerangka Kapal ini secara utuh keparmukaan,” jelas Nadalsyah.

Selanjutnya, Pemerintah Kab Barito Utara akan melakukan pendataan aset pendukung bersejarah kepada masyarakat setempat yang berhubungan dengan perjuangan Tumenggung Surapati beserta masyarakat dalam melakukan perjuangan menghadang dan menenggelamkan kapal Onrust tersebut.

Loading...

Bupati juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga memelihara dan melestarikan aset sejarah. “Mari kita jaga aset ini karena sejarah yang perlu diketahui anak cucu kita,” tutup Nadalsyah. mps

Tinggalkan Balasan