TP PKK Kepulauan Babel Tunjukkan Peran Kurangi Inflasi, Stunting, dan Kemiskinan Ekstrem

oleh -600 views
oleh

BANGKA BARAT, HR – Rampak Gemintang, program yang diinisiasi Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA resmi di-launching. Agenda ini merupakan salah satu dari wujud nyata pemerintah guna mengeliminasi kemiskinan ekstrem dan stunting. Rampak Gemintang juga bertujuan mengurangi inflasi.

Hal ini diungkapkan oleh Pj. Ketua TP PKK Safriati Safrizal dalam sambutannya pada kegiatan Launching  Program Gerakan Serempak Guna Eliminasi Kemiskinan dan Stunting Bangka Belitung (Rampak Gemintang), di SDN 17 Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat, Senin (20/5/2024).

“Bapak/Ibu sekalian, kami di sini Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu inisiator dalam gerakan ini. Kemarin juga sudah dilakukan gerakan untuk penanganan inflasi di Kepulauan Bangka Belitung, Pak Pj. meluncurkan gerakan Semarak Babel (Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung) itu, dan kami juga dari Tim Penggerak PKK sedang menurunkan kegiatan ini ke seluruh TP PKK, yaitu dengan melakukan penanaman di Halaman Rumah Dinas Gubernur,” ujar Safriati.

“Berbagai macam percontohan sayuran, buah-buahan, tanaman obat yang akan menjadi tempat percontohan bagi anak-anak kita nanti yang akan melihat, yang akan belajar terkait dengan bagaimana cara kita untuk mencintai, dan memanfaatkan halaman yang ada di tempat kita,” ungkapnya menambahkan.

Dilanjutkan Safriari, kegiatan tersebut berkolaborasi dengan semua dinas terkait dan semua unsur yang ada di Kepulauan Bangka Belitung. Beberapa waktu yang lalu pihaknya saling bersinergi membahas stunting. Persoalan tersebut memang merupakan fokus dari pemerintah supaya mendapatkan cara efektif dalam penanganannya, agar tahun ini bisa tercapai target 14%.

“Memang dibutuhkan sekali kegiatan pada hari ini, di mana kita secara bersama-sama, bersinergi bersama-sama, berkolaborasi untuk menuntaskan ini secepat mungkin supaya gimana caranya target pemerintah 14,9% itu dapat kita atasi,” ujarnya.

Dijelaskannya, TP PKK Kep. Babel akan terus men-support, akan terus membantu, akan terus mendukung semua program-program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah termasuk Rampak Gemintang ini.

“Jadi, tadi tiga yang menjadi prioritas dari pemerintah daerah kita yaitu inflasi, kemiskinan ekstrem, dan stunting. kami terus bersama-sama dengan seluruh kader yang di lapangan, juga ada kader-kader posyandu. Kami yang ikut serta langsung melakukan aksi  ikut dalam pengentasan kemiskinan dan stunting,” ungkapnya.

“Saat ini kita ada program pemberian makanan tambahan kepada anak-anak kita, maka yang memasak makanan itu adalah dari TP PKK, dan dari tim posyandu yang tersebar di seluruh Kepulauan Bangka Belitung,” jelasnya.

Safriati menegaskan, TP PKK memiliki komitmen untuk mendukung dan membantu Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota, hingga tingkat desa dalam mengeliminasi stunting, dan kemiskinan ekstrem melalui peran kader yang siap bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas.

“Rampak Gemintang merupakan program kita bersama, mari bersinergi guna hilangkan masalah kemiskinan dan stunting di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” pungkasnya.agus priadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *