Tingkatkan SDM Jurnalistik untuk Membangun Citra dan Kepercayaan Publik

oleh -76 views
Tingkatkan SDM Jurnalistik untuk Membangun Citra dan Kepercayaan Publik.

MAJALENGKA, HR – Pemkab Majalengka melalui Diskominfo Kabupaten Majalengka menggelar Seminar Jurnalistik di Gedung KNPI Kabupaten Majalengka, Senin (02/12/2019) dengan narasumber Ketua PWI Kabupaten Majalengka Jejep Falahul Alam dihadiri berbagai media cetak, online dan elektronik, organisasi kepemudaan, dan para Mahasiswa.

Laporan Kepala seksi kemitraan media Diskominfo Kabupaten Majalengka Muhidin, menyampaikan, tujuan seminar ini untuk meningkatkan SDM jurnalis dalam membangun Majalengka Raharja dengan mengundang 100 orang terdiri dari jurnalis, OKP dan Mahasiswa.

Sambutan Kepala Diskominfo Kabupaten Majalengka Maman Sutiman melalui Kabit Pengembangan dan Pengendalian Komunikasi (PPK) Ria Restiana menyampaikan canggihnya teknologi saat ini merupakan tantangan sekaligus peluang untuk semua jurnalis, OPD dan ASN untuk memiliki akun sosial terutama IG, FB, Twiter, dan media sosial lainnya tentang informasi dan transaksi elektronik.

Melalui sumber yang terpercaya untuk menghindari berita Hoax yang sulit dibedakan dengan strategi Jurnalisme kekinian untuk membangun citra dan kepercayaan publik. “Keikut sertaan Pemkab Majalengka mendapatkan apresiasi yang baik dari Panitia Kompetisi SP4N LAPOR 2019 sehingga masuk ke dalam nominasi TOP 40 KOMPETISI LAPOR pada kategori Instansi Pemerintah,” kata Ria.

Ketua PWI Kabupaten Majalengka Jejep Falahul Alam, menyampaikan seminar ini untuk meningkatkan SDM jurnalis dalam membangun dunia jurnalistik  menghadapi majunya teknologi saat ini  sekaligus peran jurnalis dalam memerangi berita Hoax yang menyesatkan.

Jejep menegaskan kode etik jurnalistik harus berpedoman pada UU RI NO 40 tahun 1999 tentang Pers. Peningkatan SDM Jurnalistik di harapkan mampu mengbendung berita berita Hoax yang sumbernya tidak jelas. Pemahaman kode etik jurnalistik harus di terapakan menyajikan  berita akurat dengan berpedoman pada 5W + 1 H.

Loading...

“Melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW) salah satu peningkatan SDM bagi dunia jurnalisitik yang akan diselenggarakan oleh Dewan pers dengan puluhan media cetak, online dan elektronik di Kabupaten Majalengaka,” kata Jejep. leni.s

Tinggalkan Balasan