Pemanfaatan Energi Panas Matahari Melalui Panel Surya Yang Terkoneksi Dengan Wastafel Berbasis Sensor Otomotis Untuk Menunjang Pembelajaran Tatap Muka di SMA Muhammadiyah 5 Tebet

oleh -129 views

JAKARTA, HR – Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu misi dari Institut Teknologi PLN yang juga merupakan kewajiban bagi dosen untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi yang melibatkan mahasiswa instritut Teknologi PLN.

Tim Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan (FTIK) Institut Teknologi PLN telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema “Pemanfaatan Energi Panas Matahari melalui Panel Surya terkoneksi dengan Wastafel Berbasis Sensor Otomatis untuk Menunjang Pembelajaran Tatap Muka di SMA Muhammadiyah 5 Tebet, Jakarta Selatan”.

Kegiatan ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan energi baru terbarukan yaitu merubah energi panas matahari menjadi energi listrik.

Terkait dengan hal tersebut diatas, Tim PkM dari Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan yang diketuai oleh Endah Lestari., ST., MT dan beranggotakan Muhammad Sofyan., ST., MT; Irma Wirantina Kustanrika, ST, MT; Rr. Mekar Ageng Kinasti, S.T., M.T; DR. Ir. John Paulus Pantouw, MS dan Drs. Moh. Ahsan., MM telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMA Muhammadiyah 5 Tebet, Jakarta Selatan.

Kegiatan PkM ini melibatkan beberapa mahasiswa yaitu Luthfi Hidayat dan Praditya Mifftah Al Habssy yang merupakan mahasiswa program studi Teknik Sipil Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan (FTIK) Institut Teknologi PLN.

Beberapa tahun sebelumnya, Tim PkM Institut Teknologi PLN pernah melakukan kegiatan sosialisasi, penyuluhan, edukasi terhadap siswa-siswi sekolah dan instalasi panel surya di SMPN 28 dan SMPN 264 Jakarta.

Untuk kegiatan tahun ini difokuskan kepada “Pembuatan Wastafel Berbasis Sensor Otomatis yang Terkoneksi dengan Panel Surya” untuk menunjang pembelajaran tatap muka pada era new normal.

A. Rencanae Desain Wastafel Sensor Tenaga Surya.
B. Skematik hubungan panel surya dan wastafel sensor.

Kegiatan PkM tahun 2022 ini untuk pembuatan konstruksi dan instalasi dilaksanakan pada bulan Juni – Agustus 2022 dan serah terima dilaksanakan pada tanggal 05 September 2022.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 5 Tebet, Bapak Muhammad Ridwan., SPd., MPd mengatakan bahwa jumlah siswa dan jumlah tempat cuci tangan harus sebanding sehingga tidak terjadi kekurangan salah satu fasilitas WASH (Water, Sanitation and Hygiene) untuk mendukung protokol dan prosedur kesehatan program pembelajaran tatap muka dalam upaya mengurangi dan mencegah penyebaran Covid 19.

Salah satunya adalah sarana tempat cuci tangan yang memadai. Oleh karena itu pembuatan Wastafel berbasis Sensor Otomatis yang terhubung dengan Panel Surya sangat membantu sekolah dalam melengkapi sarana cuci tangan yang sudah ada.

Selain itu adanya teknologi Panel Surya diharapkan siswa-siswi di SMA Muhammadiyah 5 Tebet dapat mengambil pembelajaran dari hasil kegiatan tersebut.

Ketua Tim PkM mengenalkan ITPLN sebagai kampus yang berfokus pada energi dan teknologi yang ramah lingkungan berterima kasih kepada pihak sekolah atas kerjasamanya dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini memberikan respon yang baik oleh Mitra dalam hal ini Kepala Sekolah, Guru, Staff dan Siswa Siswi yang ada di lingkungan SMA Muhammadiyah 5 Tebet dan berlangsung sesuai dengan perencanaan.

Panel surya terpasang berkapasitas 50WP yang menghasilkan daya Selain itu harapannya adalah bahwa wastafel ini dapat dimanfaatkan dan dijaga kebersihan serta keberlangsungan fungsinya dengan baik dan benar.

Loading...

Puncak sebesar 50 Watt. Panel surya berkapasitas 50WP yang menghasilkan daya puncak sebesar 50Watt. Tenaga surya 50 Watt Polycrystalline mempunyai dimensi panel 540x670x30mm, dilengkapi juga dengan MCB, Solar Charge Controller dan Battery. Dinding bata dibuat dengan dimensi panjang 5 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 1,2 meter dilengkapi dengan wastafel yang terpasang berjumlah 3 (tiga) buah dan berdimensi 305x345x125mm dengan kran sensor InfraRed dilengkapi adaptor 6 VDC dengan pressure 0.05-0.6MPa dengan power 0.5W dan dimensi 12×5.5x20cm. jm

Tinggalkan Balasan