Wabup Tarsono Buka Seminar Terbuka, Gerakan Masyarakat Membangun Desa Melalui Bumdes

oleh -58 views

MAJALENGKA, HR – Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana membuka kegiatan seminar Terbuka Gerakan Masyarakat Membangun Desa Melalui Bumdes yang diselenggarakan oleh staf ahli kepresidenan RI di salah satu hotel di Majalengka,  Senin (11/2).

Dalam sambutannya, Wabup Tarsono mengatakan, bahwa maju mundurnya pemerintah daerah terletak atau bisa diukur dari kemajuan pemerintah desa.

“Sangat tepat bahwa kebijakan Presiden Jokowi membangun desa dari pinggiran. Hal ini adalah membangun dari desa dan dibuktikan dengan kebijakan presiden dengan meluncurnya uang langsung ke desa desa. Harapan saya desa bisa diberdayakan dan ekonomi desa bisa terbangun dengan adanya Bumdes-bumdes di desa,” harapnya.

Lanjutnya, kemajuan suatu daerah dan kemajuan suatu desa sangat ditentukan bagaimana penguatan fiskal daerah atau fiskal desa tersebut. “Maka itu saya mendorong seminar ini untuk peningkatan fiskal desa-desa dengan menggali potensi potensi desa yang ada,” jelasnya.

Ditambahkan, tenaga ahli madya Deputi IV Kantor Staf Presiden Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Siti Ariani Muflikhah, bahwa pada dasarnya keberadaan Bumdes merupakan sarana untuk menampung dan memasarkan dari berbagai potensi kearifan lokal.

Hal inipun diperkuat keberadaannya dengan adanya pengesahan undang undang desa agar marwah legalitas dalam penganggarannya tertuang sebagaimana hasil rembug masyarakat bersama dalam membangun desa.

“Diharapkan menjadi gerakan dari desa seluruhnya ada pengembangan dari produksi potensi desa itu sendiri serta aktivitas perniagan atau perdagangan yang dapat menaikkan taraf ekonomi masyarakat desa itu sendiri,” tandasnya. 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 150 peserta yang dibagi dalam 2 sesi dengan narasumber Eko Sulistyo Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan Bidang Komunikasi Politik  dan Diseminasi Infortika, Irman Meilandi, Direktur Utama PT  Bumdes Panca Mandaka Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya, Iman Pribadi,  Direktur Pengembangan Usaha Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir, Jenny Manurung Penggerak Masyarakat Desa, Eman Suherman Ketua Forum Bumdes Propinsi Jawa Barat serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Majalengka Rd Umar Ma’ruf. lintong situmorang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *